Dua Hari Menjabat, Mendag Kembali Kunjungi Pasar

  • 18 Juni 2022 18:32:09
  • Views: 10

KBRN, Jakarta: Hari kedua bekerja sebagai Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan kambali turun ke pasar. Kali ini ia pun mengunjungi Pasar Koja Jakarta Utara pada Jumat (17/6/2022).

Dalam kunjungannya tersebut, Zulkifli mengecek beberapa harga kebutuhan pokok seperti minyak, cabai dan bawang saat ini mengalami kenaikan harga. 

Pria yang akrab disapa Zulhas ini menjelaskan, komitmennya segera mengeksekusi perintah Presiden Joko Widodo untuk mengendalikan harga-harga bahan pokok, terutama minyak goreng (migor).

“Saya baru dua hari bekerja, semaksimal mungkin harus cepat menyerap dan memetakan persoalan yang ada. Sekarang saya memantau efektifitas program migor 2 liter per satu KTP, ujar Zulhas di lokasi. 

Terkait itu, Zulhas menegaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investsi sebagai Kepala Satgas Minyak Goreng. 

“Kami terus kaji, koordinasi juga berjalan baik. Semoga akan ada solusi segera. Meski sifatnya bertahap. Kita utamakan kepentingan rakyat, ungkapnya. 

Ditekankannya, pemerintah memastikan semua berjalan dengan skema yang ada Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic Price Obligation (DPO), minyak goreng curah rakyat akan tersedia di masyarakat dengan harga terjangkau.

“Tadi saya cek di sini harga wajar, Rp15 ribu. Kita terus upayakan agar semakin sesuai. Saya juga concern soal kualitas dan higienitas migor curah, harus kita pikirkan bersama-sama. Masak di dunia tinggal dua negara yang masih punya minyak curah, Indonesia dan Bangladesh. Malu kita, ungkapnya. 

Lebih lanjut, lanjutnya, untuk memastikan harga terjangkau, pemerintah meminta kerja sama masyarakat dan pelaku usaha untuk melaporkan jika ada pelanggaran di lapangan. Baik itu dilaporkan ke Satgas Pangan atau pihak-pihak terkait.

“Saya tadi pagi perintahkan untuk membuat crisis center, task force migor. Saat ini juga sudah ada hotline. Kemendag akan mengerahkan segala daya dan upaya untuk mensukseskan ini, pungkasnya.


https://rri.co.id/ekonomi/1498457/dua-hari-menjabat-mendag-kembali-kunjungi-pasar?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/ekonomi/1498457/dua-hari-menjabat-mendag-kembali-kunjungi-pasar?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Zulkifli Hasan,
companies ADA,
ministries Kemendag,
products KTP, minyak curah,
nations Bangladesh, Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Koja,
plants Cabai,