Di Bawah Naungan Kemensos, Braile Buatan Cimahi Bantu Penyandang Disabilitas di Amerika Serikat

  • 18 Juni 2022 16:36:42
  • Views: 12

PIKIRAN RAKYAT - Sentra Abiyoso Cimahi sudah dikenal luas sebagai penyedia layanan literasi braille bagi Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (PDSN) di Indonesia. Layanan yang berada di bawah naungan Kementerian Sosial terus berusaha berkontribusi bagi yang membutuhkan.

Sentra Abiyoso juga telah dikunjungi oleh tami dari berbagai negara. Yang terbaru, Sentra Abiyoso kedatangan tamu dari pengelola Library of Congress (LC), yaitu Nina Kania Dewi selaku Acquisitions Southeast Asia Regional Office.

Lembaga yang berkantor di Washington DC, Amerika Serikat, ini menjajagi kemungkinan Sentra Abiyoso berkontribusi menyumbangkan buku-buku braille untuk warga Amerika Serikat melalui Library of Congress (LC).

“Buku-buku berbahasa Indonesia sangat diperlukan oleh warga Amerika, baik yang tinggal di dalam maupun luar Amerika, yang bahasa pertamanya adalah bahasa Indonesia, kata Nina. Menurut dia, perpustakaan di negeri adidaya ini memiliki layanan yang bernama “National Library Service for the Blind and Print Disabled.

Baca Juga: AS Izinkan Penggunaan Vaksin Moderna dan Pfizer untuk Balita serta Anak-Anak

“Layanan ini menyediakan bahan-bahan bacaan yang dapat diakses dengan mudah oleh pemustaka yang mengalami hambatan membaca (reading disability), seperti penyandang disabilitas netra (total ataupun low vision) dan disleksia, Nina menambahkan.

Perpustakaan yang pertama kali terbentuk pada tahun 1800 ini merupakan perpustakaan terbesar di dunia yang memiliki enam kantor cabang di manca negara. Selain di Jakarta (Indonesia), lima lainnya berlokasi di New Delhi (India), Nairobi (Kenya), Islamabad (Pakistan), Rio de Janeiro (Brazil), dan Cairo (Mesir).

“Kini sudah lebih dari 173 juta koleksi yang dimiliki LC. Berkat kolaborasi dengan berbagai lembaga di luar Amerika, sekitar separuh dari koleksi tersebut berbahasa selain bahasa Inggris, kata Nina.

Kepala Subbagian Tata Usaha Sentra Abiyoso A. Heri Kusumawardhana menyampaikan terima kasih atas kunjungan Library of Congress. Ini bentuk perhatian dan kepedulian terhadap kebutuhan buku-buku braille yang tentu sangat bermanfaat bagi penyandang disabilitas netra. kata Heri, Sabtu, 18 Juni 2022, mewakili Kepala Sentra Abiyoso Agung Hendrawan.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014771190/di-bawah-naungan-kemensos-braile-buatan-cimahi-bantu-penyandang-disabilitas-di-amerika-serikat

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014771190/di-bawah-naungan-kemensos-braile-buatan-cimahi-bantu-penyandang-disabilitas-di-amerika-serikat
Tokoh

Graph