Menteri Investasi RI Stop Operasional Perusahaan Tambang Emas Ilegal di Manokwari Papua

  • 18 Juni 2022 15:15:04
  • Views: 15

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenteri Investasi RI /Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia akan menghentikan operasional perusahaan tambang emas ilegal di Distrik Masni dan Kampung Masarawi, Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Menurut Bahlil, perusahaan tambang emas ilegal tersebut diketahui setelah banyak masuk laporan dari masyarakat. Mereka mengaku resah dengan keberadaan perusahaan tersebut dan mengancam lingkungan.

Oleh karena itu, Bahlil mewakili pemerintah RI berterimakasih kepada masyarakat yang sudah berani melapor. Dia menegaskan bahwa pemerintah akan senantiasa mendukung segala bentuk kepedulian masyarakat terhadap lingkungan mereka.

Kami mendapat laporan dari beberapa kelompok masyarakat dan Informasi Bupati ada terjadi penambangan emas ilegal di Distrik Masni Kali Wariori dan Kampung Masarawi di wilayah Manokwari, kata Bahlil di Jakarta, Sabtu (18/6/2022).

Lebih lanjut, Bahlil dalam penindakan tersebut sudah berkomunikasi dengan Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw dan Bupati Manokwari, Hermus Indou serta Kapolda Papua Barat dan Kejati Papua Barat di Manokwari.

Dia yakin, semua pejabat di daerah itu juga mendukung langkah penutupan operasional tambang emas ilegal. Dia berterimakasih kepada pemerintah dan aparat keamanan setempat, yang sudah mau diajak berkomunikasi dengan baik dan kepercayaan mereka terhadap pemerintah pusat.

Bahlil mengatakan, tambang emas tersebut telah menyalahi aturan. Selain tidak mengantongi izin dari pemerintah, tambang emas tersebut berada di kawasan hutan konservasi. Untuk itu, Bahlil meminta Pemprov Papua Barat segera melakukan langkah-langkah konkret untuk menutup penambangan ilegal tersebut.

Karena belum izin, terpaksa kawasan penambangan di wilayah itu aktivitasnya dihentikan. Jadi ada langkah konkret maka tadi instruksi Penjabat Gubernur karena beliau merupakan perpanjangan pemerintah pusat yang ada di provinsi, pungkas Menterii Investasi RI, Bahlil Lahadalia. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/414617/menteri-investasi-ri-stop-operasional-perusahaan-tambang-emas-ilegal-di-manokwari-papua

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/414617/menteri-investasi-ri-stop-operasional-perusahaan-tambang-emas-ilegal-di-manokwari-papua
Tokoh





Graph

Extracted

persons Bahlil Lahadalia, Paulus Waterpauw,
companies ADA, Google, Telegram,
ministries BKPM,
products emas,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, PAPUA, PAPUA BARAT,