Gelar MAN 2022, Ketua DMI Jusuf Kalla: Azan Perlu Merdu dan Bikin Syahdu

  • 18 Juni 2022 11:15:11
  • Views: 14

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dewan Masjid Indonesia (DMI) menginginkan kualitas azan dikumandangkan dengan indah, merdu, dan membuat suasana menjadi syahdu sehingga menggugah untuk menyegerakan salat di rumah ibadah.

Harapan tersebut disampaikan Ketua Umum Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) dalam puncak acara Grand Final Musabaqah Azan Nasional (MAN) 2022 di Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat (17/6/2022).

“Pertama-tama kita harus pahami bahwa azan itu adalah panggilan untuk salat. Karena itu diperlukan kualitas azan yang indah, merdu, nan syahdu yang menggugah untuk menyegerakan salat di rumah ibadah, kata JK.

Melalui ajang MAN 2022 ini, JK melanjutkan, DMI menyeleksi dan membina para muazin dalam menggugah dan menyerukan umat Islam untuk beribadah dan meraih kemenangan, papar JK.

Acara yang diinisiasi oleh DMI ini digelar dengan tetap dalam protokol kesehatan. Selain JK, acara ini dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno, para tokoh nasional, dan tamu khusus dari Imam Besar Muslim Rusia, Syeikh Albir Krganof dengan rombongannya yang tengah dalam muhibah ke Indonesia.

Menparekaraf RI  Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, MAN 2022 sebagai sebuah pesona keindahan alam menjadi konten dan sumber inspirasi dalam tiap video musabaqah azan yang sangat menyentuh.

DMI-Jusuf-Kalla-2.jpg

“Banyak karya kreatif dan inovatif terlahir dari ajang musabaqah ini, bermanfaat juga bagi syiar keindahan wisata religi nusantara, kata Sandiaga.

Sementara, Ketua Penyelenggara MAN 2022 Munawar Fuad Noeh mengatakan, kegiatan yang digelar perdana ini mulai dilaksanakan menjelang Ramadhan 1443 H hingga Mei 2022 untuk menyambut Milad ke-50 DMI.

“Alhamdulillah, grand final dilanjut pengumuman dan pembagian hadiah  dapat dilaksanakan pada Jumat, 17 Juni 2022 hingga pukul 17.20 WIB di Masjid Istiqlal Jakarta, kata Munawar.

Munawar menyebutkan, sebelumnya DMI bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI telah melaunching Gema MAN 2022 di Gedung DMI Pusat oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dan Wakil Ketua Umum PP DMI Komjen Pol Syafruddin atas arahan Ketua Umum PP DMI HM Jusuf Kalla.

“Dengan dukungan pemuda dan remaja masjid DMI, kegiatan MAN 2022 diikuti 420 peserta. Dari lomba kreatif dan inovatif tersebut, pembuatan video azan dilatari pesona wisata religi Nusantara yang sangat indah, jelas Munawar.

Munawar menambahkan, dewan juri MAN 2022 yang dipimpin oleh Sekjen DMI H Imam Addaruquthni telah menyeleksi semua video hingga akhirnya menjadi 100 video yang dipublish di link resmi YouTube kepanitiaan MAN.

Sekjen DMI H Imam Addaruquthni mengatakan, penilaian mengerucut menjadi 10 besar dan juara favorit. Kesepuluh nominator terbaik dinilai dengan menyertakan penilaian dewan juri kehormatan yaitu Menparekraf dan Kemenag RI yang diwakili Direktur Urais dan Binsyar H Muhammad Adib.

Imam menyebutkan, para peraih penghargaan MAN 2022 yakni yaitu : juara 1 Fahmi Azis (Yogyakarta), juara 2 Afifi Umar (Bekasi), juara 3 Habibi Hasan (Makassar), dan juara harapan Muhammad Yusuf (Lumajang).

“Juara favorit diraih Hari Sanjaya Siregar (Medan) mendapat hadiah ibadah umrah, kata Sekjen DMI ini. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/414578/gelar-man-2022-ketua-dmi-jusuf-kalla-azan-perlu-merdu-dan-bikin-syahdu

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/414578/gelar-man-2022-ketua-dmi-jusuf-kalla-azan-perlu-merdu-dan-bikin-syahdu
Tokoh









Graph