Kerap Suarakan Soal Cuti Melahirkan Jadi 6 Bulan, Pakar Hukum : Itu Bukan Usulan Puan Pribadi

  • 18 Juni 2022 09:47:18
  • Views: 15

Suara.com - Pengamat Hukum Tata Negara dari Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera, Bivitri Susanti menilai usulan cuti hamil menjadi enam bulan dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) bukanlah usulan pribadi Ketua DPR Puan Maharani secara pribadi.

Bivitri menuturkan usulan cuti enam bulan merupakan bagian dari RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak yang telah lama digodok DPR.

Itu sebenarnya bukan usulan Puan pribadi. Itu adalah bagian dari RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak yang sudah lama digodok oleh DPR dan sekarang sudah menjadi RUU usul inisiatif DPR, ujar Bivitri saat kepada Suara.com, Jumat (17/6/2022).

Puan waktu itu menanggapi waktu ketok palu menetapkan RUU itu sebagai usul inisiatif dan segera dibahas, sambungnya.

Baca Juga: Bobotoh Meninggal Dunia di GBLA, Persib Siap Kerjasama dengan Kepolisian

Bivitri menuturkan substansi terkait cuti enam bulan bagus dan telah lama didorong.

Pasalnya kata dia, banyak negara yang telah menerapkan hal tersebut.

Apalagi kalau kita baca naskah RUU nya, juga disebutkan bahwa selama cuti, si ibu tidak boleh kehilangan hak-haknya sebagai pekerja, tutur Bivitri.

Lebih lanjut, Bivitri menyebut di dalam RUU KIA juga mengatur cuti ayah. Di mana kata Bivitri terdapat perubahan paradigma bahwa pengasuhan anak adalah tugas kedua orangtua, bukan hanya seorang ibu

Plus di dalam RUU yang sama, juga diatur cuti untuk ayah. Ini juga perubahan paradigma yang penting karena pengasuhan anak adalah tanggung jawab orangtua dua-duanya, bukan tugas ibu saja, katanya.

Baca Juga: Didukung Partai Nasdem Maju di Pilpres 2024, Ganjar Pranowo: Saya Masih di PDIP

Sebelumnya, Ketua DPR RI, Puan Maharani mendorong cuti hamil dan melahirkan menjadi 6 bulan. Sebelumnya, cuti melahirkan hanya 3 bulan.


https://www.suara.com/news/2022/06/18/085040/kerap-suarakan-soal-cuti-melahirkan-jadi-6-bulan-pakar-hukum-itu-bukan-usulan-puan-pribadi

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/18/085040/kerap-suarakan-soal-cuti-melahirkan-jadi-6-bulan-pakar-hukum-itu-bukan-usulan-puan-pribadi
Tokoh







Graph

Extracted

persons Bivitri Susanti, Ganjar Pranowo, Puan Maharani,
ministries DPR RI, Polisi,
parties Nasdem, PDIP,
topics Pilpres 2024,
nations Indonesia,
places KEPULAUAN RIAU, SULAWESI TENGAH,
cities Palu,
brands KIA,