Pengamat: Anies Lebih Bisa Mendongkrak Elektabilitas Nasdem Dibanding Ganjar dan Andika

  • 18 Juni 2022 07:37:21
  • Views: 12

PIKIRAN RAKYAT - Partai Nasdem telah mengumumkan secara resmi tiga nama yang akan diusung sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024.

Ketiga nama itu masing-masing Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pengamat politik Universitas Al-Azhar, Ujang Komarudin menilai, dari ketiga nama tersebut Anies yang paling realistis bagi Nasdem untuk didorong sebagai calon presiden.

Pasalnya Anies memungkinkan untuk bisa mendongkrak elektabilitas partai tersebut dibandingkan Ganjar dan Andika.

Baca Juga: PDIP Tantang Anies Baswedan Jawab Kesuksesan Formula E Jakarta dengan Data Valid

Anies bisa sedikit banyak mendongkrak elektoral Nasdem beda dengan Ganjar karena kader PDIP jadi dia tidak bisa menambah elektabilitas, PDIP yang diuntungkan lalu Andika tidak terlalu bisa karena masih Panglima TNI aktif, jadi memang yang bisa didorong sejalan seiringan Anies, kata Ujang saat dikonfirmasi Pikiran-Rakyat.com, Jumat, 17 Juni 2022.

Namun kata Ujang, melihat dari ketiga nama tersebut peluangnya masih sama-sama terbuka.

Artinya Nasdem tidak menutup kemungkinan mendorong Ganjar maupun Andika sebagai calon presiden karena tergantung situasi politik.

Kenapa Nasdem tidak kunci ke satu nama ke Anies, itu untuk jaga-jaga berbagai macam kemungkinan, Nasdem kalau kunci ke salah satu nama itu mempersempit diri sudah terbaca mainan politiknya oleh lawan, katanya.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014765893/pengamat-anies-lebih-bisa-mendongkrak-elektabilitas-nasdem-dibanding-ganjar-dan-andika

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014765893/pengamat-anies-lebih-bisa-mendongkrak-elektabilitas-nasdem-dibanding-ganjar-dan-andika
Tokoh









Graph

Extracted

persons Andika Perkasa, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ujang Komarudin,
ministries TNI,
parties Nasdem, PDIP,
topics Pemilu 2024,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,