Abdul Malik, Tukang Pijat Naik Haji Bantu Jemaah Pegal Linu Terapi Geno

  • 18 Juni 2022 07:27:36
  • Views: 12

Merdeka.com - Ibadah haji bukan sekadar ibadah rohani. Jemaah haji membutuhkan fisik yang sehat dan kuat untuk melaksanakan serangkaian ibadah selama lebih kurang 44 hari. Mulai dari Madinah, Makkah hingga puncak haji di Armuzna atau Arafah, Muzdalifah dan Mina.

Secara geografis, Indonesia dan Arab Saudi memiliki banyak perbedaan. Hal tersebut tentu berpengaruh pada fisik jemaah haji. Kesehatan sering kali menurun seiring aktivitas di luar ruangan yang semakin meningkat.

taboola

Jemaah yang menginap di Hotel Sofwat Albayt, Makkah sedikit lega. Keberadaan Abdul Malik (42) benar-benar menjadi 'obat' kala tubuh mulai terasa pegal dan linu. Berbekal keahlian dimiliknya, Abdul memberikan pelayanan pijat terapi pada sesama jemaah yang membutuhkan.

Sehari-hari saya bekerja sebagai tukang terapi pijat di rumah, kata pria asal Bojonegoro itu saat ditemui tim Media Center Haji (MCH) Dakker Makkah, pada Kamis (16/6).

Abdul adalah salah satu jemaah haji asal embarkasi Surabaya. Dia berangkat haji bersama istrinya, Umi Taslimah (42).

Sejak tiba di Madinah, tak jarang sesama jemaah meminta bantuannya. Berharap, terapi geno yang dilakukan Abdul membuat tubuh mereka kembali prima untuk melanjutkan ibadah.

Macam-macam keluhan kesehatan coba ditangani. Hanya berbekal jemarinya, Abdul mencari titik sakit pada tubuh jemaah. Total 15 jemaah sudah merasakan sensasi pijat terapi ala Abdul Malik.

Keluhannya macam-macam, pinggang, kaki lemah kalau jalan jauh, leher kaku, lambung, pusing hingga tulang keropos di bagian lutut, katanya.

Karena niatnya sejak awal membantu, Abdul tidak memungut bayaran alias gratis. Baginya terpenting jemaah kembali bugar.

Niatnya Lillahita'ala. Saya empati pada jemaah yang sudah datang dari jauh ke Arab, tapi di sini mengalami kesulitan jalan, merasa sakit. Saya bantu biar bugar dan dapat menjalankan ibadah dengan baik, ucapnya tersenyum.

2 dari 2 halaman


https://www.merdeka.com/peristiwa/abdul-malik-tukang-pijat-naik-haji-bantu-jemaah-pegal-linu-terapi-geno-laporan-dari-arab-saudi.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/abdul-malik-tukang-pijat-naik-haji-bantu-jemaah-pegal-linu-terapi-geno-laporan-dari-arab-saudi.html
Tokoh



Graph

Extracted

persons Muzdalifah,
topics haji,
events Ibadah Haji,
nations Arab Saudi, Indonesia,
places JAWA TIMUR,
cities Bojonegoro, Madinah, Surabaya,