Roy Suryo Dilaporkan Terkait Meme Stupa, PAN Sebut Jadi Pembelajaran Bermedsos

  • 18 Juni 2022 04:48:47
  • Views: 13

Liputan6.com, Jakarta - Unggahan pakar telematika sekaligus Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo berupa meme foto stupa Candi Borobudur berwajah mirip Presiden Joko Widodo atau Jokowi berbuntut pelaporan ke kepolisian. Anggota Komisi I DPR RI Ahmad Rizki Sadig pun menyayangkan tindakan Roy Suryo yang kurang bijak bersosial media.

Hal ini jelas sangat disayangkan, apalagi Roy Suryo adalah pakar telematika yang kerap menjadi narasumber yang mengajak masyarakat bijak dalam bermedia sosial, tutur Rizki kepada wartawan, Jumat (17/6/2022).

Roy Suryo awalnya dilaporkan oleh Organisasi Perkumpulan Buddhis, Dharmapala Nusantara ke Polda Metro Jaya. Laporannya sendiri ditolak lantaran ternyata sudah ada yang lebih dahulu melaporkan kasus tersebut.

Ingat, stupa pada Candi Borobudur ini mengandung unsur keagamaan. Tentu ini akan menyakiti perasaan saudara kita yang beragama Buddha. Belum lagi sosok presiden yang merupakan orang nomor satu di Indonesia. Unggahan ini jelas tidak menunjukan sikap kenegarawanan seorang politisi yang juga pakar telematika di Indonesia, kata Rizki.

Menurut Rizki, pelaporan terhadap polisi atas Roy Suryo akan menjadi pembelajaran bagi semua pihak, terkait sikap bijak dalam mengakses dan membagikan informasi di media sosial.

Langkah hukum yang akan ditempuh oleh Dharmapala Nusantara akan menjadi pembelajaran yang berharga bagi semua pihak, terutama dalam mengakses dan membagi info di medsos. Seorang pakar telematika saja bisa kepleset sendiri, apalagi kita. Jangan sampai unggahan kita malah mengandung unsur provokasi yang mengganggu kerukunan antar sesama warga negara, jelasnya.

Polda Metro Jaya menolak laporan Roy Suryo mengenai Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas terkait pernyataan pengeras suara masjid yang disamakan dengan gonggongan anjing.


https://www.liputan6.com/news/read/4989500/roy-suryo-dilaporkan-terkait-meme-stupa-pan-sebut-jadi-pembelajaran-bermedsos

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4989500/roy-suryo-dilaporkan-terkait-meme-stupa-pan-sebut-jadi-pembelajaran-bermedsos
Tokoh











Graph

Extracted

persons Ahmad Rizki Sadig, Fachrul Razi, joko widodo, Roy Suryo, Yaqut Cholil Qoumas,
companies ADA,
ministries DPR RI, Kemenag, Komisi I DPR, Polda Metro Jaya, Polisi,
parties PAN,
fasums Borobudur,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
animals Anjing,