Jokowi Pastikan Kartu Prakerja Terus Dilanjutkan Meski Sudah Tak Jadi Presiden

  • 17 Juni 2022 20:49:45
  • Views: 15

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan program Kartu Prakerja akan terus dilanjutkan, meski dirinya sudah tak lagi menjadi presiden. Bahkan, kata dia, anggaran untuk program kartu prakerja sudah disiapkan hingga 2024.

Hal ini disampaikan Jokowi usai menghadiri acara Silaturahmi dengan Alumni Kartu Prakerja di Sentul Kabupaten Bogor Jawa Barat, Jumat (17/6/2022).

Dalam acara itu, salah satu penerima manfaat kartu prakerja menyampaikan keinginannya agar program tersebut dilanjutkan, meski Jokowi tak lagi memimpin negara.

Terus. Ini akan diteruskan, dilanjutkan termasuk tahun depan anggarannya sudah ada. Tahun depannya lagi, ada lagi. Anggarannya tanya Ibu Menteri Keuangan, kata Jokowi kepada wartawan di Sentul, Jumat.

Menurut dia, peserta kartu prakerja telah merasakan manfaat dari program tersebut. Sehingga, mereka berharap agar program tersebut tetap dilanjutkan dan tidak dihilangkan.

Jokowi mengungkap hasil survei Badan Pusat Statistik, sebanyak 88,9 persen peserta mengaku mendapat manfaat dari program kartu prakerja. Mulai dari meningkatkan kemampuan yang ada hingga keterampilan baru.

Ini penting data presentase 89,9 persen adalah sebuah apresiasi sangat tinggi, ujarnya.

Jokowi menuturkan, pemerintah akan melakukan evaluasi program kartu prakerja agar ke depannya dapat lebih baik lagi. Adapun anggaran untuk program prakerja selanjutnya akan disesuaikan dengan APBN.

Kendati begitu, dia senang sudah ada 12,8 juta peserta yang diterima di program kartu prakerja. Jokowi ingin nantinya peningkatan keterampilan peserta dapat beralih dari digital ke sektor pangan atau energi.

Program ini bermanfaat pasti rakyat akan meminta. Sekarang kan mungkin training yang banyak masalah digital, nanti mungkin beralih lagi ke yang berkaitan dengan pangan, energi, mungkin, tutur Jokowi.

Hadapi wabah virus corona, Preiden Joko Widodo putuskan tingkatkan anggaran sosial untuk masyarakat. Sebanyak 110 triliun rupiah akan ditambahkan untuk berbagai program jaring pengaman sosial, mulai dari kartu sembako, kartu prakerja, hingga pembeba...


https://www.liputan6.com/news/read/4989289/jokowi-pastikan-kartu-prakerja-terus-dilanjutkan-meski-sudah-tak-jadi-presiden

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4989289/jokowi-pastikan-kartu-prakerja-terus-dilanjutkan-meski-sudah-tak-jadi-presiden
Tokoh



Graph

Extracted

persons joko widodo,
companies ADA,
ministries BPS,
topics APBN, Jaring Pengaman Sosial, Kartu Prakerja, Prakerja,
products Kartu Pra Kerja, sembako,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, rupiah,
cities Bogor,
cases covid-19,