Diluncurkan Saat PSBB, Jokowi Kaget Program Prakerja Latih 12,8 Juta Orang

  • 17 Juni 2022 18:48:02
  • Views: 5

Suara.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak menyangka kalau program kartu Prakerja berhasil memberikan pelatihan kepada 12,8 juta peserta. Padahal menurutnya, program itu diluncurkan ketika kondisi Indonesia tengah terbatas dikarenakan adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Jokowi menceritakan kalau program kartu Prakerja itu mulai berjalan pada 11 April 2021. Pada kondisi yang sama, Covid-19 tengah menyebar secara masif di Tanah Air.

Bagaimana menyiapkan sebuah program tetapi suasananya adalah PSBB dan PPKM, bayangkan, kata Jokowi saat berpidato dalam acara pertemuan ribuan alumni Prakerja di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/6/2022).

Jokowi kemudian mengapresiasi atas tingginya minat masyarakat untuk mengikuti program Prakerja itu. Dari data yang diperolehnya, tercatat sebanyak 115 juta orang mendaftar ke dalam program tersebut.

Baca Juga: Baru Balik dari Timnas Indonesia, Saddil Ramdani Dapat Perhatian Khusus dari Pelatih Sabah FC

Dari ratusan juta, sebanyak 84 juta pendaftar lolos verifikasi. Hingga pada akhirnya sebanyak 12,8 juta orang berhasil menjadi peserta dan mendapatkan pelatihan dari pemerintah.

Ini angka yang tidak kecil, 12,8 juta yang produktifitasnya meningkat, skillnya meningkat, pengalaman kerjanya karena pelatihan ini menjadi meningkat, ungkapnya.

12,8 juta. Apa bisa? Cara-cara ini kita lakukan kalau kita tidak menggunakan platform digital? Enggak mungkin, tambah Kepala Negara.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga menyampaikan kalau pelatihan melalui program Prakerja telah memberikan manfaat bagi para pesertanya. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), sebanyak 88,9 persen para peserta mengaku mendapatkan keterampilan yang lebih baik.

Jokowi lantas memberikan apresiasinya kembali lantaran kualitas sumber daya manusia (SDM) begitu penting untuk kemajuan sebuah negara.

Baca Juga: Ceramah UAS Ditolak Jemaah Tabligh Akbar, Kiai NU Marsudi Syuhud: Saya Sudah Sering Ngomong, Beliau Mesti Muhasabah

Sumber daya alam banyak tetapi kalau SDMnya tidak mendukung, enggak ada artinya, tapi kalau sumber daya alamnya ada didukung oleh SDM yang baik seperti yang ada di kanan kiri saya ini didukung, inilah yang akan nanti membuat negara ini maju.


https://www.suara.com/news/2022/06/17/181106/diluncurkan-saat-psbb-jokowi-kaget-program-prakerja-latih-128-juta-orang

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/17/181106/diluncurkan-saat-psbb-jokowi-kaget-program-prakerja-latih-128-juta-orang
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Ustaz Abdul Somad,
companies ADA,
ministries BPS,
organizations NU,
topics Kartu Prakerja, PPKM, Prakerja, PSBB,
products Kartu Pra Kerja,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Bogor,
cases covid-19,
musicclubs APRIL,