Macron Ragu Putin Dukung Ekspor Gandum Ukraina di Odesa

  • 17 Juni 2022 18:03:39
  • Views: 16

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Prancis Emmanuel Macron tidak melihat banyak peluang kesepakatan dengan Rusia untuk mendapatkan gandum dari pelabuhan Odesa, Ukraina. PBB, menurut Macron bisa dilibatkan dalam pembicaraan ini, namun hambatannya tetap ada dari pihak Rusia.

Saya ragu karena saya sudah melakukan pembicaraan beberapa minggu yang lalu dengan Presiden Vladimir Putin, tetapi dia tidak mau menerima resolusi PBB tentang masalah ini, kata Macron kepada BFM TV dalam perjalanan kembali dari Ukraina, dikutip Reuters, Jumat, 17 Juni 2022.

 

Untuk mengatasi rintangan ini, Macron mengatakan, pembicaraan ihwal pembaharuan rute kereta api yang menghubungkan Odesa ke Danube di Rumania, bisa dijadikan alternatif. 

 

Macron baru saja mengadakan diskusi dengan mitranya dari Ukraina, Jerman, Italia, dan Rumania di Kyiv pada Kamis, 16 Juni 2022. Saat pertemuan itu, Macron mengatakan kepada penyiar TF1 bahwa para pemimpin mempertimbangkan opsi ini.

 

Kami sedang dalam proses menciptakan semacam titik koneksi untuk dapat mengekspor gandum ini jauh lebih kuat, cepat, dan masif daripada hari ini, kata Macron.

Sebuah sumber diplomatik mengatakan, bahwa inisiatif tersebut diharapkan bisa memindahkan gandum ke pelabuhan Laut Hitam Constanta. Kemudian, gandum dapat diekspor dengan kapal yang lebih besar. Macron mengatakan Paris akan mengirim para ahli untuk membantu Bucharest karena meningkatkan investasi untuk skema tersebut.

 

Ketidakmampuan Ukraina menggunakan pelabuhan Odesa karena serangan militer Rusia ditengarai menyebabkan lonjakan harga pangan global. PBB sudah memperingatkan tentang kelaparan di negara-negara miskin yang sangat bergantung pada gandum impor.

Rusia menyangkal pihaknya sebagai biang kerok krisis pangan dan menyalahkan Kyiv karena gagal mengeluarkan kapal gandum dari Odesa. Sebagai penengah, PBB sedang menjajaki kesepakatan untuk melanjutkan ekspor laut Ukraina dengan imbalan memfasilitasi ekspor makanan dan pupuk Rusia. Akan tetapi itu kembali membutuhkan lampu hijau Moskow.

 

REUTERS


https://dunia.tempo.co/read/1603029/macron-ragu-putin-dukung-ekspor-gandum-ukraina-di-odesa

Sumber: https://dunia.tempo.co/read/1603029/macron-ragu-putin-dukung-ekspor-gandum-ukraina-di-odesa
Tokoh



Graph

Extracted

persons Emmanuel Macron,
companies ADA, Reuters,
organizations API,
parties PBB,
topics ekspor,
nations Italia, Jerman, Prancis, Rusia, Ukraina,
places DKI Jakarta,
cities Moskow, Paris,