Anies, Ganjar, Erick Bukan Ketum Parpol, PKB Pede Cak Imin Lebih Unggul Dibanding Capres Rekomendasi NasDem

  • 17 Juni 2022 17:48:07
  • Views: 16

Suara.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) percaya diri Ketua Umum mereka, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memiliki nilai lebih dibanding kandidat lain yang dijagokan sebagai calon presiden.

Termasuk nama-nama yang muncul dalam rekomendasi capres di Rakernas NasDem, semisal Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Erick Thohir.

Waketum PKB Jazilul Fawaid menilai Muhaimin lebih unggul dari sisi dukungan partai, di mana wakil ketua DPR itu merupakan seorang ketum. Sementara Anies, Ganjar dan Erick bukan.

Terlebih Anies dan Erick yang tidak masuk atau menjadi kader di partai manapun.

Baca Juga: Puji Mahathir Mohamad di Depan Kader Nasdem, Surya Paloh: Inspiring, Sosok Patriotik Pejuang Bangsa

Momen
Momen akrab Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Rakernas APPSI disorot. (Instagram/@aniesbaswedan)

Makanya kalau ditanding menang Pak Muhaimin. Soalnya kenapa menang? Karena punya tiket, kalau dia kan di luar lapangan mana mungkin kecuali ada partai Nasdem nanti lengkap, kata Jazilul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Menurut Jazilul, kendati memiliki sejumlah nama yang direkomendasikan sebagai capres, namun melihat perolehan suara NasDem pada Pemilu 2019 tentu tidak cukup untuk mengusung capres sendirian.

NasDem masih perlu membentuk koalisi hingga perolehan suara yang digabungkan mencapai ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold.

Tiket Nasdem kan sama tiket PKB sama 10-10 saja. Artinya calon itu yang direkomendasikan dengan Gus Muhaimin nilainya sama tiketnya ya. Soal elektoralnya ya nanti kan masih panjang, kata Jazilul.

Hasil Rekomendasi Capres 34 DPW NasDem

Baca Juga: Ogah Buru-buru Deklarasi Bentuk Koalisi Bareng PKS-Demokrat, PKB: Ini Baru Pacaran

Partai NasDem telah menerima nama calon presiden hasil rekomendasi dari 34 DPW di seluruh provinsi di Indonesia.

Total ada 25 nama yang telah masuk dalam penyampaian rekomendasi di Rakernas Partai NasDem di Jakarta Convention Center. Dari nama-nama tersebut, ada lima nama yang menjadi terbanyak direkomendasikan.

Mulai dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Ketua DPR Fraksi NasDem Rachmat Gobel dan Andika Perkasa.

Anies menjadi nama yang paling direkomendasikan sebagai calon presiden 2024 dari Partai NasDem dalam Rakernas NasDem di hari kedua.

Anies tercatat direkomendasikan oleh 32 DPW NasDem dari total 34 DPW provinsi.

Rakernas
Rakernas hari kedua Partai NasDem mendengarkan usulan nama bakal capres 2024 yang direkomendasikan dari 34 DPW NasDem di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2022). [ANTARA/Syaiful Hakim]

Hanya ada dua DPW yang tidak merekomendasikan nama Anies, yaitu DPW Papua Barat dan DPW Kalimantan Timur.

Sementara total ada 29 DPW yang merekomendasikan nama Ganjar. Ada lima DPW yang tidak merekomendasikan Ganjar. Di antaranya DPW Kalimantan Timur, DPW Banten, DPW Kalimantan Selatan, DPW Maluku Utara dan DPW Jakarta.

Berikut rekapitulasi dari rekomendasi yang telah disampaikan oleh 34 DPW untuk masing-masing figur:

- Anies Baswedan: 32
- Ganjar Pranowo: 29
- Erick Thohir: 16
- Rachmat Gobel: 14
- Andika Perkasa: 13

- Syahrul Yasin Limpo: 7
- Lestari Moerdijat: 6
- Prananda Surya Paloh: 5
- Ahmad Sahroni: 4
- Ridwan Kamil: 4

- Khofifah Indar Parawansa: 4
- Dudung Abdurachman: 2
- Mathius Awoitauw: 2
- Ahmad Ali: 2
- Viktor Laiskodat: 1

- Siswono Yudo Husodo: 1
- Herman Deru: 1
- Surya Paloh: 1
- Isran Noor: 1
- Tuan Guru Bajang: 1

- Sandiaga Uno: 1
- Wahidin Halim: 1
- Siti Nurbaya Bakar: 1
- Sofyan Kalio: 1
- Syarif Fasha: 1.


https://www.suara.com/news/2022/06/17/172915/anies-ganjar-erick-bukan-ketum-parpol-pkb-pede-cak-imin-lebih-unggul-dibanding-capres-rekomendasi-nasdem

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/17/172915/anies-ganjar-erick-bukan-ketum-parpol-pkb-pede-cak-imin-lebih-unggul-dibanding-capres-rekomendasi-nasdem
Tokoh















































Graph