Jokowi: Penyakit Mulut dan Kuku Berkembang Cepat Seperti Covid-19

  • 17 Juni 2022 16:49:05
  • Views: 8

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut virus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, berkembang sangat cepat seperti Covid-19. Padahal, kata dia, pemerintah sudah melakukan lockdown di kabupaten/kota dan provinsi untuk mencegah penularan wabah PMK.

Yang paling penting pertama, memang sudah sebetulnya sudah dilockdown kabupaten-kabupaten, provinsi. Tapi memang berkembangnya ini kayak covid. Cepat, lewat media apa pun ya, cepat, padahal sudah diblok oleh Kementan dan kepolisian, jelas Jokowi kepada wartawan di Sentul Kabupaten Bogor Jawa Barat, Jumat (17/7/2022).

Menurut dia, wabah PMK sudah bergerak cepat dan telah masuk di 18 provinsi serta 190 kabupaten/kota di Indonesia. Kendati begitu, Jokowi menyampaikan pemerintah sudah mendatangkan 800.000 vaksin pada Kamis, 16 Juni 2022 malam.

Dia pun meminta percepatan penyuntikkan vaksin PMK terhadap hewan ternak, seperti vaksinasi Covid-19. Hal ini agar melindungi hewan-hewan ternak lain dari penyakit kuku dan mulut.

Ini yang juga segera cepat, harus segera kayak covid lagi suntikkan cepat, cepat, cepat, sehingga bisa melindungi sapi-sapi yang lain, kata Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menerima secara langsung kedatangan vaksin tahap kedua di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang Banten, Jumat dini hari tadi. Vaksin sebanyak 800 ribu dosis ini akan langsung didistribusikan melalui pemerintah daerah dan posko darurat PMK yang diprioritaskan kepada daerah zona merah dan kuning.

Saya menyampaikan terima kasih kepada Bea Cukai atas kerjasamanya, Kapolres, dan jajaran Karantina yang sudah bekerja. Hari ini kita makin percaya diri bahwa berbagai upaya maksimal dari Kementan bersama Gubernur dan para Bupati serta jajaran Pemerintah Daerah yang dalam mengendalikan PMK dapat berjalan maksimal, ujar SYL, Jumat, 17 Juni 2022.

Di tengah kekhawatiran dampak penyakit mulut dan kuku pada penjualan sapi, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo memastikan wabah PMK sapi tak berpengaruh terhadap pasokan sapi saat hari raya kurban.


https://www.liputan6.com/news/read/4989245/jokowi-penyakit-mulut-dan-kuku-berkembang-cepat-seperti-covid-19

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4989245/jokowi-penyakit-mulut-dan-kuku-berkembang-cepat-seperti-covid-19
Tokoh







Graph

Extracted

persons joko widodo, Soekarno, Syahrul Yasin Limpo,
ministries Bea Cukai, Kementan, Polisi,
topics lockdown,
events vaksinasi,
fasums Bandara Soekarno Hatta,
products vaksin,
nations Indonesia,
places BANTEN, DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Bogor, Tangerang,
cases covid-19, zona merah,
animals Sapi,