Mendag Anggota WTO Berkumpul di Swiss, Bahas Fleksibilitas Kekayaan Intelektual Produk Medis

  • 17 Juni 2022 14:59:44
  • Views: 8

Sebelumnya, konflik yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina telah memberikan pukulan telak bagi ekonomi global.

Diperkirakan ini akan mengurangi perkiraan pertumbuhan perdagangan global untuk 2022 dari 4,7 persen yang diperkirakan Oktober lalu menjadi antara 2,4 persen dan 3 persen.

Proyeksi tersebut berdasarkan model simulasi ekonomi global, dibuat oleh Sekretariat Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dalam sebuah catatan yang dikeluarkan pada Senin (12/4).

Menurut model yang sama, krisis dapat menurunkan pertumbuhan PDB global sebesar 0,7-1,3 poin persentase, membawanya ke suatu tempat antara 3,1 persen dan 3,7 persen untuk tahun 2022.

Konflik telah mendorong harga pangan dan energi, dan mengurangi ketersediaan barang yang diekspor oleh Rusia dan Ukraina, kata catatan Sekretariat.

Rusia dan Ukraina keduanya merupakan pemasok penting produk-produk penting, terutama makanan dan energi, menurut catatan tersebut.

Kedua negara memasok sekitar 25 persen gandum, 15 persen jelai, dan 45 persen ekspor produk bunga matahari secara global pada 2019. Rusia sendiri menyumbang 9,4 persen dari perdagangan bahan bakar dunia, termasuk 20 persen pangsa ekspor gas alam.

Rusia adalah salah satu pemasok global utama paladium dan rhodium, yang merupakan elemen penting dalam produksi catalytic converter untuk mobil.

Sementara itu, produksi semikonduktor sangat bergantung pada neon yang dipasok oleh Ukraina.

 


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4988914/mendag-anggota-wto-berkumpul-di-swiss-bahas-fleksibilitas-kekayaan-intelektual-produk-medis

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4988914/mendag-anggota-wto-berkumpul-di-swiss-bahas-fleksibilitas-kekayaan-intelektual-produk-medis
Tokoh

Graph

Extracted

ministries Kemendag,
topics ekspor,
nations Rusia, Swiss, Ukraina,