Hubungan Dengan Negara Barat di Titik Terendah, Rusia Kini Lebih Prioritaskan Negara-negara Timur

  • 17 Juni 2022 13:06:46
  • Views: 10

TRIBUNNEWS.COM -- Moskow selalu berhubungan dengan Barat dan Timur, tetapi sekarang kontak dengan Eropa tidak menjadi prioritas Rusia.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dalam wawancara yang disiarkan televisi seperti dilaporkan kantor berita TASS mengatakan, saat ini negaranya lebih mementingkan hubungan dengan negara Timur.

Kami selalu bekerja dengan Barat, Timur, Utara, dan Selatan. Sejak Barat memutuskan semua kontak, kami secara objektif bekerja dengan Timur, seperti sebelumnya.

Kami memperluas kontak dengan Timur, seperti biasa. Tapi di secara absolut kontak-kontak ini tumbuh, sementara secara relatif Eropa telah menghilang dari prioritas kami, tentu saja, kata Lavrov dalam sebuah wawancara dengan saluran NTV di sela-sela Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg pada hari Kamis.

Baca juga: Balas Sanksi Barat, Rusia Larang 29 Jurnalis Inggris Memasuki Moskow

Negara-negara barat dan yang tergabung dengan Uni Eropa dan NATO memberikan sanksi kepada Rusia, setelah Vladimir Putin melakukan invasi ke Ukraina.

Selain melakukan embargo ekonomi pada negeri Beruang Merah tersebut, negara-negara Barat juga memasok senjata untuk memerangi Rusia.

Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg yang diselenggarakan oleh Roscongress Foundation berlangsung dari 15 hingga 18 Juni.

Forum tahun ini dijuluki: 'Peluang Baru di Dunia Baru'. Forum UKM, Forum Bisnis Kreatif, Forum Keamanan Narkoba, Dialog Junior SPIEF dan Pekan Olahraga SPIEF juga akan menjadi bagian dari acara SPIEF.

Baca juga: Sikap China Terkait Invasi Rusia: Dukung Pembicaraan Damai, Sebut Sanksi Tak Selesaikan Masalah

Hubungan di Titik Terendah

Utusan Rusia untuk Uni Eropa Vladimir Chizhov pada hari Kamis mengatakan Rusia dan Uni Eropa memilih untuk tidak menutup pintu meskipun hubungan mereka mencapai titik terendah yang pernah ada.

Dia membuat pernyataan pada pertemuan Klub Diskusi Internasional Valdai, yang berlangsung di tempat Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg.

Adapun hubungan kami, mereka berada di titik terendah sepanjang waktu tidak hanya pekerjaan saya (sebagai utusan Rusia untuk UE - TASS), tetapi sepanjang waktu keberadaan mereka, katanya.

Tentu saja, kami tidak membanting pintu, dan mereka juga terlalu berhati-hati untuk menutup pintu, karena, apa pun yang dikatakan orang, Uni Eropa tetap menjadi mitra perdagangan dan ekonomi terbesar kami.

Baca juga: Indonesia Masuk Dalam Negara G8 Versi Rusia Pasca Sanksi Barat

Kedua belah pihak mengerti, kata utusan itu, bahwa tidak akan ada lagi bisnis seperti biasa.

Apa yang terjadi selanjutnya? Apakah UE akan mempertimbangkan kembali posisinya mengenai Rusia dan kami akan bersama-sama atau secara paralel merancang fondasi baru untuk hubungan, atau Eropa, yang diwakili oleh UE, akan berubah menjadi halaman belakang pembangunan global selama beberapa dekade mendatang, kata Chizhov.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/17/hubungan-dengan-negara-barat-di-titik-terendah-rusia-kini-lebih-prioritaskan-negara-negara-timur

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/17/hubungan-dengan-negara-barat-di-titik-terendah-rusia-kini-lebih-prioritaskan-negara-negara-timur
Tokoh



Graph

Extracted

persons Vladimir Putin,
companies ADA,
nations Indonesia, Inggris, Republik Rakyat Cina, Rusia, Ukraina, Uni Eropa,
cities Moskow,
cases Narkoba,