Kompleks Makam Keluarga Paling Terkenal di Indonesia: Yogyakarta hingga Blitar

  • 17 Juni 2022 11:03:42
  • Views: 12

TEMPO.CO, Yogyakarta -Pemakaman atau pekuburan adalah sebidang tanah yang disediakan untuk makam.

Pemakaman bisa bersifat umum maupun khusus, misalnya pemakaman menurut agama, pemakaman pribadi milik keluarga alias makam keluarga, Taman Makam Pahlawan, dan sebagainya. Berikut beberapa makam keluarga paling terkenal

Makam Raja-raja Mataram

Makam raja-raja Mataram yang berada di Kotagede, Yogyakarta maupun di Imogiri, Bantul dianggap keramat dan suci hingga kini. Kedua tempat itu pun tak pernah sepi dari peziarah. Di Makam Kotagede saja, tercatat lebih dari 5.000 peziarah dalam satu bulan.

Itu yang tercatat di buku tamu. Sebenarnya yang nyekar lebih dari itu, kata juru kunci Makam Kotagede, Lurah Endri Wisastro kepada Tempo di Kantor Sekretariatan Makam Kotagede, Yogyakarta, Sabtu, 27 April 2019.

Bagi pezirah yang ingin nyekar ke makam raja-raja tersebut, menurut dia, perlu mengetahui aturan mainnya.

Mas Lurah Endri Wisastro menjelaskan para peziarah yang datang ke makam raja tak bisa berperilaku sesukanya. Urusan pakaian yang dikenakan pun diatur dengan ketat.

Peziarah perempuan harus mengenakan kain jarit sebatas dada atau kemben sehingga terbuka di bagian bahu. Mereka juga tidak boleh berkerudung. Mas Lurah Endri Wisastro mengatakan aturan tersebut dinilai lebih ringan ketimbang aturan zaman dulu. Kalau dulu rambutnya harus pakai konde, kata dia.

Jenazah Hamengku Buwono IX dibawa Kiai Ratapralaya menuju makam Imogiri, Yogyakarta, 8 Oktober 1988. Dok. Perpustakaan Nasional

Sementara peziarah laki-laki harus memakai kain jarit dan atasan berupa baju peranakan. Kedua pakaian yang dikenakan peziarah perempuan dan laki-laki itu merupakan pakaian abdi dalem.

Peraturan ini tak berlaku bagi anak-anak raja, baik yang orang tuanya masih bertahta maupun yang sudah meninggal. Untuk putri raja dibolehkan memakai kebaya. Adapun putra raja Kasunanan Surakarta mengenakan baju beskap dan baju surjan untuk keluarga Kasultanan Yogyakarta. Kalau derajatnya cucu raja ke bawah seterusnya berlaku seperti peziarah umum lainnya. Pakai kemben dan peranakan, kata Lurah Endri Wisastro.

Berikutnya: Saat masuk makam, para peziarah harus melepas...


https://travel.tempo.co/read/1602831/kompleks-makam-keluarga-paling-terkenal-di-indonesia-yogyakarta-hingga-blitar

Sumber: https://travel.tempo.co/read/1602831/kompleks-makam-keluarga-paling-terkenal-di-indonesia-yogyakarta-hingga-blitar
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
topics PPKM,
fasums Borobudur, Perpustakaan Nasional,
nations Indonesia, Jerman,
places DI YOGYAKARTA, JAWA TIMUR, NUSA TENGGARA BARAT,
cities Bantul, Blitar, Gunungkidul, Karet, Mataram, Yogyakarta,
musicclubs APRIL,