Belajar dari Covid-19, Ketahui 5 Cara Bersiap Antisipasi Krisis Saat Berbisnis

  • 17 Juni 2022 10:58:49
  • Views: 5

Liputan6.com, Jakarta - Melihat ke belakang beberapa tahun terakhir, gagasan untuk memeriksa masa depan bisnis Anda hampir tidak terbayangkan. Siapa yang bisa memprediksi pandemi global Covid-19 dan bagaimana hal itu akan memengaruhi bisnis di tahun-tahun mendatang?

Bahkan sekarang, memprediksi apa yang akan terjadi tampaknya tidak pasti.

Namun, masih ada beberapa cara untuk mengantisipasi masa depan dan mengembangkan metode yang bisa meminimalkan efek stres dari krisis-krisis yang mungkin bisa datang pada bisnis Anda.

Berikut adalah lima hal yang harus Anda perhatikan untuk mengantisipasi krisis atau masalah pada bisnis Anda di masa depan, belajar dari dampak pandemi Covid-19, dikutip dari Forbes, Jumat (17/6/2022) :

1. Dengarkan pelanggan Anda

Apa pun bisnis yang Anda jalankan, Anda perlu memberikan pengalaman yang unggul bagi pelanggan Anda.

Mereka perlu mengtahui apa yang mereka inginkan dan harapkan dari produk/layanan Anda.

Tapi, untuk mendengarkan mereka, Anda perlu bertanya. Perlu berinvestasi dalam kelompok untuk fokus, melakukan survei, dan penelitian lain untuk menentukan keinginan dan kebutuhan mereka dan mengevaluasi bisnis Anda secara jujur melalui mata pelanggan Anda.

Telusuri lebih jauh dengan melacak tren dan pandangan serta preferensi pelanggan yang berkembang untuk mengantisipasi apa yang mungkin mereka inginkan di masa depan.

Selain itu, baiknya memikirkan poin keluhan pelanggan, apa yang dapat Anda tangani sekarang dan bagaimana hal ini dapat berubah di masa depan.

Anda mungkin sudah menggunakan sistem tertentu untuk melacak pelanggan Anda, tetapi pastikan Anda juga menggunakannya untuk melacak pola dan tren perilaku yang dapat membantu Anda memprediksi kebutuhan di masa mendatang.

 

2. Cari tahu apa yang diinginkan tenaga kerja di masa mendatang

Pandemi Covid-19 mempercepat tren tenaga kerja yang sudah dimulai, seperti pekerja yang mendambakan lebih banyak fleksibilitas dan makna dalam pekerjaan mereka.

Apa yang diinginkan Gen-Z di perusahaan sangat berbeda dari apa yang diinginkan generasi sebelumnya, jadi untuk mempertahankan karyawan yang baik —yang beralih pekerjaan dengan lebih mudah dan sering daripada sebelumnya—dan menarik bakat baru, Anda perlu memikirkan apa yang akan dilakukan karyawan di masa depan.

Sejumlah perusahaan teknologi Desember ini melakukan penjualan saham perdana (IPO) di Wall Street, termasuk jasa antar pesanan restoran DoorDash dan rental kamar Airbnb. Masing-masing terdampak oleh pemberlakuan PSBB, dan pemasukannya bahkan terangka...


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4988003/belajar-dari-covid-19-ketahui-5-cara-bersiap-antisipasi-krisis-saat-berbisnis

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4988003/belajar-dari-covid-19-ketahui-5-cara-bersiap-antisipasi-krisis-saat-berbisnis
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Airbnb, Wall Street,
ngos IPO,
topics PSBB,
nations Republik Rakyat Cina,
places DKI Jakarta,
cases covid-19,