Cuaca Hari Ini: Ada Daerah Harus Siaga Dampak Hujan Lebat, di Mana Saja?

  • 17 Juni 2022 07:04:15
  • Views: 10

TEMPO.CO, JakartaBMKG memantau sejumlah daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dalam prakiraan cuaca hari ini, Jumat 17 Juni 2022. Daerah-daerah konvergensi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitarnya.

Lokasinya ada yang memanjang dari Laut Natuna bagian timur hingga perairan barat Kalimantan Barat dan dari Laut Jawa bagian timur hingga Kepulauan Bangka Belitung. Keduanya dibentuk oleh adanya sirkulasi siklonik di Selat Karimata.

Lalu ada pula daerah konvergensi memanjang di Samudera Hindia sebelah selatan Jawa Tengah-Jawa Barat, dari Laut Sulawesi bagian barat hingga Kalimantan Barat bagian timur, dan dari Laut Banda hingga perairan timur Sulawesi Tenggara.

BMKG memperingatkan beberapa provinsi semestinya Siaga dan Waspada terhadap bencana hidrometeorologi seperti banjir dan banjir bandang dampak dari potensi hujan lebat hari ini. Ada dua yang termasuk Siaga, yakni Sulawesi Selatan (Bulukumba, Kepulauan Selayar dan Jeneponto) dan Sulawesi Tenggara (Buton, Buton Utara dan Wakatobi).

Sedangkan ibu kota provinsi yang diperkirakan hujan disertai petir pada hari ini adalah Banjarmasin dan Jambi. Beberapa yang lain yaitu Bandung, Pontianak, Bandar Lampung, Ambon, Mamuju, Makassar, Kendari dan Medan disebut berpotensi menerima hujan skala sedang. 

Cuaca hari ini bakal diwarnai kisaran suhu udara 20-33 derajat Celsius, dengan suhu terendah di Bandung. Suhu tertinggi di Denpasar, Gorontalo, Surabaya, Pontianak dan Mataram.

Untuk potensi banjir rob, BMKG menyebut wilayah yang baru akan mulai mengalaminya mulai hari ini adalah pesisir selatan Kalimantan Tengah (Sampit, Kotawaringin).

Baca juga:
Gelombang Covid-19: Satgas Kembali Catat Kasus Baru Harian Tembus Seribu


https://tekno.tempo.co/read/1602804/cuaca-hari-ini-ada-daerah-harus-siaga-dampak-hujan-lebat-di-mana-saja

Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1602804/cuaca-hari-ini-ada-daerah-harus-siaga-dampak-hujan-lebat-di-mana-saja
Tokoh



Graph