Wagub Ariza Pastikan APBD DKI Jakarta Dipakai untuk Belanja Produk Dalam Negeri

  • 17 Juni 2022 00:48:15
  • Views: 13

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengklaim, telah menjalankan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penggunaan produk dalam negeri. Menurutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) tengah menjalankan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022.

Ariza mengatakan, sesuai dengan Inpres terebut, pihaknya telah memperhatikan produk dalam negeri dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta.

Jadi yang pertama ya soal produk dalam negeri kan Pak Jokowi sudah menyampaikan agar belanja APBN APBD itu memperhatikan produk dalam negeri atau produk produk yang ada kandungan lokalnya, ujar Ariza kepada wartawan, Kamis (16/6/2022).

Lebih lanjut, Ariza menuturkan, Inpres tersebut telah meminta untuk menggenjot nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam belanja pengadaan barang dan jasa hingga 40 persen.

Itu menjadi perhatian jadi semua dinas, jajaran, badan, sudah diberi tahu untuk memperhatikan kandungan dalam negeri atau yang disebut dengan TKDN, itu yang pertama yang sudah disosialisasikan, terangnya.

Baca juga: Kualitas Udara Jakarta Terburuk, Wagub Riza: Kendaraan Kembali Normal karena Pelonggaran PPKM

Ariza menambahkan, setiap dinas di lingkungan Pemprov DKI Jakarta sudah memperhatikan salah satu syarat yang paling penting yakni, pemenuhan TKDN.

Jadi kalau ada produk impor itu pasti kita mendahulukan produk dalam negeri atau produk lokal terlebih barang-barang umkm, ucapnya.

Baca juga: Tebet Eco Park Ditutup Sementara hingga Akhir Juni 2022, Ini Alasannya

Kalau ada dinas atau badan yang tidak memperhatikan menggunakan barang-barang produk dalam negeri tolong sampaikan kepada kami, tegas Ariza menambahkan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menegaskan, kementerian/lembaga, BUMN, dan pemerintah daerah wajib membeli produk dalam negeri dalam pengadaan barang dan jasanya. Pasalnya, anggaran instansi-instansi tersebut sangat besar sehingga harusnya bisa membantu pengusaha dalam negeri, bukan hanya mengandalkan impor.

Kita pantau betul karena anggarannya ini gede banget. Besar sekali. ABPN, APBD, anggaran BUMN ini besar sekali. Terakhir, sekarang kita catat semua dengan platform digital, ujar Jokowi dalam HUT 50 Tahun Hipmi, Jumat 10 Juni 2022.

Baca juga: Jokowi: Saya Tahu Banyak Kementerian dan Lembaga Tak Mau Beli Produk dalam Negeri


https://megapolitan.okezone.com/read/2022/06/16/338/2612947/wagub-ariza-pastikan-apbd-dki-jakarta-dipakai-untuk-belanja-produk-dalam-negeri?page=1

Sumber: https://megapolitan.okezone.com/read/2022/06/16/338/2612947/wagub-ariza-pastikan-apbd-dki-jakarta-dipakai-untuk-belanja-produk-dalam-negeri?page=1
Tokoh





Graph

Extracted

persons A Riza Patria, joko widodo,
companies ADA,
ministries Pemprov DKI Jakarta,
institutions HIPMI,
topics APBD DKI, APBN, PPKM, produk impor, TKDN,
products UMKM,
places DKI Jakarta,
cities Tebet,