Dewan Pers Berupaya Jaga Penyampaian Pemberitaan yang Sehat di Tengah Dinamika Tahun Politik

  • 16 Juni 2022 21:36:51
  • Views: 14

PIKIRAN RAKYAT - Dewan Pers menganggap pentingnya penyampaian pemberitaan yang sehat kepada masyarakat soal kontestasi politik akbar, Pemilihan Umum, dan Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024

Untuk bisa menjaga iklim pemberitaan yang sehat, serta menghindari perpecahan di masyarakat yang rentan terjadi dalam Pemilu, Dewan Pers akan bekerja sama dengan konstituen serta organisasi pers untuk bisa mewujudkan pemberitaan sehat tersebut

“Menyongsong pesta demokrasi tahun 2024 mendatang, Dewan Pers bekerja sama dengan semua konstituen akan melakukan pelatihan dan diskusi informasi pemilu, baik pilkada maupun pilpres. Dewan Pers akan melibatkan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Pewarta Foto Indonesia (PFI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Serikat Perusahaan Pers (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), dan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) kata anggota Dewan Pers Atmaji Sapto Anggoro, dalam pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kendari, Kamis, 16 Juni 2022.

Rentannya terjadi gesekan di tahun-tahun politik mulai dari 2022 hingga 2025 disadari Dewan Pers membutuhkan peran serta insan pers untuk bisa menjaga iklim demokrasi yang sehat.

Baca Juga: Perbaikan Jalan Cipada-Cisomang Barat Jauh Panggang dari Api, Mobilitas Warga Terganggu

Terlebih hal ini juga selaras dengan program-program dari kepengurusan Dewan Pers saat ini, alah satunya adalah pemeliharaan dan penguatan kohesi sosial nasional di tengah dinamika tahun politik.

Sapto mengutarakan, dalam pelaksanaan pemilu yang merupakan pesta demokrasi nasional akan senantiasa menghasilkan pilihan atas ekspresi setiap individu yang telah memiliki hak pilih. Terkadang, tuturnya, pilihan politik dalam kontestasi yang sebenarnya wajar dalam upaya menghasilkan pemimpin yang terbaik untuk masa depan bangsa itu sering terjadi gesekan.

“Bahkan kenyataannya saat ini menghasilkan polarisasi dalam masyarakat. Untuk itu, peran media sangat penting dalam menjaga pola hubungan antar anak bangsa. Salah satu yang bisa membantu terciptanya kehidupan demokrasi yang baik dalam menjaga dinamika politik di masyarakat adalah adalah media massa, ujarnya dilaporkan laman resmi Dewan Pers.

Baca Juga: Tunjangan Insentif bagi Guru Madrasah Non-PNS Cair Juni, Simak Besaran dan Kriteria Penerima

Meski begitu, ia belum menjelaskan kapan kira-kira pelaksanaan pelatihan dan diskusi media untuk menyongsong pemilu 2024 tersebut. Dewan Pers masih akan merumuskan rencana tersebut agar nanti berjalan matang dan lancar.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014755850/dewan-pers-berupaya-jaga-penyampaian-pemberitaan-yang-sehat-di-tengah-dinamika-tahun-politik

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014755850/dewan-pers-berupaya-jaga-penyampaian-pemberitaan-yang-sehat-di-tengah-dinamika-tahun-politik
Tokoh

Graph

Extracted

organizations API, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI),
ngos AJI,
institutions Dewan Pers,
topics Pemilu 2024, Pilpres 2024,
events Pilkada Serentak,
nations Indonesia,
places JAWA BARAT, SULAWESI TENGGARA,
cities bandung, Kendari,