Hasil Survei: Milenial Lebih Banyak Gunakan Grab dibanding Gojek

  • 16 Juni 2022 20:59:17
  • Views: 14

Liputan6.com, Jakarta Gojek dan Grab menjadi dua aplikasi yang menyediakan berbagai layanan, mulai dari transportasi hingga layanan belanja secara online. Lalu, siapa yang paling menguasai pasar?

Survei Tempo Data Science (TDS) menemukan persaingan yang sengit antara dua raksasa di dunia digital apps Indonesia, Grab dan Gojek, dalam merebut segmen pasar milenial dan gen Z.

TDS menggelar survei untuk mengukur perilaku dan preferensi Milenial dan Gen Z terhadap aplikasi super. Survei dilaksanakan pada Oktober-Desember 2021 dengan melibatkan 844 responden di delapan kota besar Indonesia, yakni Jabodetabek, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Makassar dan Denpasar.

Yang diukur adalah tingkat awareness, preferensi penggunaan, dan evaluasi terhadap layanan digital di kalangan generasi Z dan milenial terhadap empat lini layanan digital, yakni transportasi online (ride-hailing), pesan-antar makanan (food delivery), pembayaran digital (digital payment), dan belanja kebutuhan harian (grocery shopping). Hasilnya, terjadi persaingan yang ketat antara Grab dan Gojek memimpin, meninggalkan merek-merek lain pada semua kategori.

Grab unggul dalam pangsa pasar pada tiga kategori (yakni transportasi online, pembayaran digital, dan belanja kubutuhan harian), dan seimbang dengan Gojek pada kategori pesan-antar makanan. Meski demikian selisih di antara keduanya di setiap kategori sangat ketat. Koordinator survei TDS Ai Mulyani mengatakan, karena keduanya menyasar pasar yang persis sama, selisih yang ketat tersebut mengindikasikan persaingan yang dinamis di antara keduanya.

“Aplikasi super telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan Milenial dan Gen Z. Karena itu mereka sangat sensitif dalam menentukan pilihan mereka, ujar Ai Mulyani selaku penanggung jawab riset dari TDS, Kamis (16/6/2022).

 

Dua perusahaan raksasa tranportasi online di Indonesia, Gojek dan Grab dikabarkan akan merger. Kabar ini tengah ramai di berbagai media internasional.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4988501/hasil-survei-milenial-lebih-banyak-gunakan-grab-dibanding-gojek

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4988501/hasil-survei-milenial-lebih-banyak-gunakan-grab-dibanding-gojek
Tokoh

Graph