Sambut Pemilu 2024, Dewan Pers Komitmen Hadirkan Pemberitaan Sehat untuk Cegah Keterbelahan

  • 16 Juni 2022 19:07:03
  • Views: 12


Pesan tersebut, disampaikan anggota Dewan Pers Atmaji Sapto Anggoro, dalam pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kendari, Kamis (16/6).

Menyongsong pesta demokrasi tahun 2024 mendatang, Dewan Pers bekerja sama dengan semua konstituen akan melakukan pelatihan dan diskusi informasi pemilu, baik pilkada maupun pilpres, ujar Sapto Anggoro dikutip dari laman Dewan Pers.


Dikatakan Sapto, dalam pembahasan itu Dewan Pers akan melibatkan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Pewarta Foto Indonesia (PFI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Termasuk juga, Serikat Perusahaan Pers (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), dan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI).

Dalam kepengurusan periode saat ini, lanjutnya Sapto, Dewan Pers memiliki orientasi dan program khusus. Salah satunya adalah pemeliharaan dan penguatan kohesi sosial nasional di tengah dinamika tahun-tahun politik 2022-2025 dengan pemilu 14 Februari 2024 dan pilkada 27 November 2024.

Sapto menyampaikan, dalam pelaksanaan pemilu yang merupakan pesta demokrasi nasional akan senantiasa menghasilkan pilihan atas ekspresi setiap individu yang telah memiliki hak pilih. Terkadang, pilihan politik dalam kontestasi yang sebenarnya wajar dalam upaya menghasilkan pemimpin yang terbaik untuk masa depan bangsa itu sering terjadi gesekan.

Kenyataannya saat ini menghasilkan polarisasi dalam masyarakat. Untuk itu, peran media sangat penting dalam menjaga pola hubungan antar anak bangsa. Salah satu yang bisa membantu terciptanya kehidupan demokrasi yang baik dalam menjaga dinamika politik di masyarakat adalah adalah media massa, terangnya.

Hanya saja, Sapto belum memastikan kapan pelaksanaan pelatihan dan diskusi media untuk menyongsong Pemilu Serentak 2024 tersebut.

Dewan Pers masih akan merumuskan rencana tersebut agar nanti berjalan matang dan lancar, pungkasnya.


https://politik.rmol.id/read/2022/06/16/537204/sambut-pemilu-2024-dewan-pers-komitmen-hadirkan-pemberitaan-sehat-untuk-cegah-keterbelahan

Sumber: https://politik.rmol.id/read/2022/06/16/537204/sambut-pemilu-2024-dewan-pers-komitmen-hadirkan-pemberitaan-sehat-untuk-cegah-keterbelahan
Tokoh

Graph

Extracted

companies WhatsApp,
organizations Persatuan Wartawan Indonesia (PWI),
ngos AJI,
institutions Dewan Pers,
topics Pemilu 2024,
events Pilkada Serentak,
nations Indonesia,
places SULAWESI TENGGARA,
cities Kendari,