Gantikan Ibunya yang Wafat, Wanita Ini Jadi Calon Haji Termuda Kloter 1 Embarkasi Makassar

  • 16 Juni 2022 17:47:38
  • Views: 12

Suara.com - Wanita asal Kota Makasar, Sulawesi Selatan bernama Sri Yuniarsih yang berusia 20 tahun ini menjadi calon haji termuda pada kloter pertama Embarkasi Makassar.

Menurut ceritanya, ia sebenarnya berangkat bersama sang ayah. Namun, adanya pemotongan kuota haji 2022 ini membuat ayahnya belum bisa berangkat ke Tanah Suci.

Usia saya tahun ini masuk 20 tahun. Sebenarnya akan berangkat bersama ayah, tetapi ada pemotongan kuota sehingga ayah belum bisa berangkat ke Tanah Suci, jelas Sri di sela penerimaan Jamaah Calon Haji (JCH) Kloter I Makassar di Asrama Haji SudiangĀ  Makassar, Kamis (16/6/2022).

Lebih lanjut, ia menceritakan bahwa keberangkatan ke Tanah Suci ini menggantikan porsi ibunya yang wafat tahun 2021 lalu.

Baca Juga: Fungsi Gelang Haji yang Wajib Dipakai Jemaah Sampai Tiba di Rumah

Mahasiswa Universitas Veteran ini bercerita ayah dan ibunya mendaftar haji sejak 12 tahun lalu dan keduanya mendapatkan giliran pada pemberangkatan haji dua tahun lalu.

Namun, pemberangkatan tertunda dua tahun karena terjadi pandemi Covid-19.

Barulah tahun ini, pemberangkatan ke Tanah Suci dibuka kembali, namun ibu saya meninggal tahun lalu, ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

Selaku ahli waris, ia menggantikan sang ibu berangkat ke Tanah Suci dan berencana akan membadalhajikan ibunya pada saat tiba di Makkah.

Kendati ada rasa sedih dan sedikit khawatir karena akan berangkat ke Tanah Suci tanpa didampingi ayahnya, namun ia meyakini bahwa ini sudah jalan yang digariskan oleh Allah SWT.

Baca Juga: PPIH: Layanan Bus Shalawat Antar Jamaah Haji Dari Hotel ke Masjidil Haram Beroperasi 24 Jam

Insya Allah saya berserah diri pada Allah dan siap lahir batin untuk menjalankan rukun Islam kelima ini, katanya optimistis.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan, H Khaeroni mengatakan Sri adalah seorang dari total 393 JCH Kloter I yang dijadwalkan akan diberangkatkan dari Embarkasi Makassar pada Jumat (17/6) pukul 01.00 Wita.

Kloter I Embarkasi Makassar ini merupakan JCH gabungan dari Kota Makassar, ParepareĀ dan Kabupaten Soppeng dan sudah masuk Asrama Haji Sudiang, Makassar sejak pukul 07.00 Wita.

Semua yang masuk asrama hari ini dinyatakan telah memenuhi syarat secara administrasi dan fisik, katanya. (ANTARA)


https://www.suara.com/news/2022/06/16/174013/gantikan-ibunya-yang-wafat-wanita-ini-jadi-calon-haji-termuda-kloter-1-embarkasi-makassar

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/16/174013/gantikan-ibunya-yang-wafat-wanita-ini-jadi-calon-haji-termuda-kloter-1-embarkasi-makassar
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
religions Islam,
topics haji,
fasums Masjidil Haram,
places SULAWESI SELATAN,
cities Makasar, Soppeng,
cases covid-19,