Memahami Abrasi, Proses Penggerusan Pantai yang Sebabkan Bangunan di Sulawesi Utara Ambles Ke Laut

  • 16 Juni 2022 17:37:03
  • Views: 11

PIKIRAN RAKYAT – Sejumlah rumah, jembatan, dan penginapan harus amblas akibat abrasi laut yang terjadi di Amurang, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.

BNPB Kabupaten Mihanasa Selatan mengonfirmasi bahwa sejumlah unit rumah yang terdampak berada di pinggir tebing pantai yang rentan terkena abrasi laut.

BMKG juga telah mengeluarkan peringatan bagi penduduk pesisir pantai mengenai ombak besar yang diakibatkan fenomena super full moon.

Nah lantas bagimana terjadinya abrasi laut hingga sejumlah bangunan di Amurang, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara harus amblas dan hanyut ke laut?

Baca Juga: Nonton Film Crazy Rich Asians di Trans TV Lengkap Dengan Sinopsisnya

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Internetgeography.net oleh Pikiran-rakyat.com, abrasi adalah salah satu fenomena erosi yang menyebabkan rusaknya pantai.

Erosi pantai adalah proses rusaknya pantai akibat ombak sehingga sebagian masa pantai tergerus ke laut mengakibatkan berkurangnya tanah di sekitar pantai.

Setidaknya ada dua jenis erosi pantai yang biasanya terjadi dan mengakibatkan rusaknya pantai-pantai yang terdampak.

Baca Juga: Abrasi Pantai Amurang, 266 Jiwa Diungsikan Menyusul Status Tanggap Darurat Bencana


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014753977/memahami-abrasi-proses-penggerusan-pantai-yang-sebabkan-bangunan-di-sulawesi-utara-ambles-ke-laut

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014753977/memahami-abrasi-proses-penggerusan-pantai-yang-sebabkan-bangunan-di-sulawesi-utara-ambles-ke-laut
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Trans TV,
ministries BMKG, BNPB,
places SULAWESI UTARA,