Gazprom Rusia Potong Aliran Gas di Nord Stream 1, Jerman Sebut Harga Bahan Bakar Bisa Naik

  • 16 Juni 2022 17:06:57
  • Views: 12

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, BERLIN - Perusahaan energi Rusia, Gazprom memotong aliran gas yang dipompa melalui pipa Nord Stream 1 ke Eropa, pada Rabu (15/6/2022).

Menteri Ekonomi Jerman, Robert Habeck memperingatkan langkah tersebut dapat memicu kenaikan harga bahan bakar.

Pengurangan kapasitas gas ini berarti pipa Nord Stream 1 hanya mengalirkan sekitar 40 persen dari kapasitasnya. Gazprom awalnya menyalahkan keterlambatan untuk mendapat peralatan dari perusahaan energi Siemens Energy.

Baca juga: Tolak Pembayaran Pakai Rubel, Perusahaan Energi Rusia Gazprom Putus Pasokan Gas ke Belanda

Namun menurut regulator Jerman, pernyataan tersebut tidak menjelaskan alasan pemotongan aliran gas Gazprom.

Argumen pihak Rusia hanyalah sebuah dalih. Ini jelas merupakan strategi untuk meresahkan dan menaikkan harga, kata Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck, yang dikutip dari Reuters.

Importir gas terbesar Jerman, Uniper, mengatakan pengiriman pasokan gas Rusia turum sebanyak 25 persen dari volume yang telah disepakati.

Harga gas grosir di Inggris dan Belanda naik setelah Gazprom mengumumkan pemotongan aliran gas ke pipa Nord Stream 1. Kenaikan ini menunjukkan pasar energi menjadi pusat perang ekonomi antara Moskow dan pihak Barat, sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari lalu.

Baca juga: Wakil PM Rusia: Klien Asing Gazprom Export Buka Rekening Bank Rubel untuk Bayar Gas Rusia

Gazprom pada Rabu kemarin mengatakan pihaknya mengurangi penggunaan peralatan buatan Siemens Energy di stasiun kompresor gas Portovaya yang berlokasi di dekat kota St Petersburg.

Pemotongan aliran gas ini, dapat membatasi aliran pipa Nord Stream 1 menjadi 67 juta meter kubik per hari.

Pengiriman gas Uniper turun


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/16/gazprom-rusia-potong-aliran-gas-di-nord-stream-1-jerman-sebut-harga-bahan-bakar-bisa-naik

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/16/gazprom-rusia-potong-aliran-gas-di-nord-stream-1-jerman-sebut-harga-bahan-bakar-bisa-naik
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters,
nations Belanda, Inggris, Jerman, Rusia, Ukraina,
cities Berlin, Moskow,