Dampak Abrasi Pesisir Pantai di Minahasa Sulut: Rumah-Rumah Warga, Jembatan, dan Jalan Ambruk

  • 16 Juni 2022 16:37:30
  • Views: 8

PIKIRAN RAKYAT - Puluhan rumah warga di Kelurahan Bitung dan Kelurahan Uwuran Satu, Kecamatan Amurang dilaporkan roboh terdampak abrasi pesisir pantai yang terjadi di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara pada Rabu 15 Juni 2022.

Abrasi pesisir pantai itu juga mengakibatkan jembatan dan bangunan penginapan ambruk, serta menggerus jalan di kawasan tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Selatan Thorie R Joseph mengatakan abrasi pantai mengakibatkan jembatan dan jalan Boulevard serta tembok pengaman pantai beserta beberapa rumah warga roboh disapu gelombang air laut.

Thorie menjelaskan peristiwa abrasi pesisir pantai itu terjadi pada Rabu 15 Juni 2022 sekira pukul 14.00 WITA.

Baca Juga: Detik-Detik Jalan Penghubung Jembatan di Amurang Sulawesi Utara Ambruk Diterpa Abrasi

Menurutnya, pihak BPBD langsung bergerak menuju lokasi kejadian usai mendapatkan informasi tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan BPBD Minahasa Selatan, abrasi pesisir pantai itu tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka.

Thorie mengungkap bahwa Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan sudah mengunjungi lokasi kejadian.

Selain itu, pihaknya juga telah melaporkan peristiwa ini kepada Kepala BNPB, Gubernur Sulawesi Utara, Irtama BNPB, Bupati Minahasa Selatan, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sulawesi Utara.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014753301/dampak-abrasi-pesisir-pantai-di-minahasa-sulut-rumah-rumah-warga-jembatan-dan-jalan-ambruk

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014753301/dampak-abrasi-pesisir-pantai-di-minahasa-sulut-rumah-rumah-warga-jembatan-dan-jalan-ambruk
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BNPB, BPBD,
places SULAWESI UTARA,