Takut Digiring, Roy Suryo Hapus Unggahan Meme Stupa Mirip Jokowi

  • 16 Juni 2022 16:09:48
  • Views: 12

Jakarta: Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo menghapus unggahannya terkait foto stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Roy mengaku takut unggahannya digiring BuzzerRp. 
 
Bahwa memperhatikan postingan tersebut ada upaya untuk digiring oleh pihak-pihak tertentu (BuzzerRp) ke arah kebencian dan permusuhan, oleh karenanya postingan tersebut telah di-take down (hapus) dengan kesadaran sendiri dan atas iktikad yang baik oleh Roy Suryo, kata kuasa hukum Roy, Putra Romadoni dalam keterangan tertulis, Kamis, 16 Juni 2022. 
 
Putra mengatakan unggahan Roy Suryo yang memuat meme Stupa Candi Borobudur mirip wajah Jokowi merupakan hasil buatan orang lain. Meme itu, kata dia, bentuk kritikan dan protes atas kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Roy Suryo di dalam caption-nya sudah jelas menerangkan bahwa meme tersebut adalah editan karya netizen (alias orang lain) dan terhadap meme tersebut Roy Suryo sedikitpun tidak memiliki niat untuk menghina golongan tertentu, melainkan kritikan terkait kebijakan kenaikan harga oleh Pemerintah di Candi Borobudur karena Roy Suryo ikut merasakan kesusahan masyarakat terkait kebijakan tersebut, ungkap dia.
 
Menurut dia, Roy Suryo juga telah memberikan klarifikasi langsung terkait sumber meme stupa tersebut dalam unggahan lainnya di Twitter. Roy melampirkan akun asli serta link yang mengunggah meme Stupa Candi Borobudur itu.
 
Sebagai jejak digital asli yang dapat diuji secara forensik, kata dia. 
 
Baca: Pengubah Gambar Stupa Candi Borobudur Mirip Wajah Jokowi Diusut
 
Putra juga memastikan kliennya tak memiliki motif politik mengunggah meme itu. Pasalnya, Roy sudah resmi mengundurkan diri dari dunia perpolitikan Indonesia selama lebih dari dua tahun dan konsentrasi pada keilmuannya di bidang Pakar Telematika (ahli ITE). 
 
Halaman Selanjutnya
Dia menegaskan Roy Suryo tak…

https://www.medcom.id/nasional/hukum/Obz4jPZK-takut-digiring-roy-suryo-hapus-unggahan-meme-stupa-mirip-jokowi

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/hukum/Obz4jPZK-takut-digiring-roy-suryo-hapus-unggahan-meme-stupa-mirip-jokowi
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Roy Suryo,
companies ADA, Twitter,
ministries Kemenpora,
fasums Borobudur,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,