Vaksin Merah Putih Unair Akan Masuk Uji Klinis Fase 3

  • 16 Juni 2022 16:01:25
  • Views: 5

ILUSTRASI. Vaksin Merah Putih yang dikembangkan Universitas Airlangga (Unair) dengan PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia bersiap masuk uji klinis fase 3.

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vaksin Merah Putih yang dikembangkan Universitas Airlangga (Unair) dengan PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia bersiap memasuki uji klinis fase ketiga.

Ketua Tim Peneliti Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Fedik Abdul Rantam mengatakan, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk persetujuan pelaksanaan uji klinik (PPUK).

Masih persiapan uji klinik fase 3 dan saat ini masih koordinasi untuk PPUK dari BPOM, kata Fedik kepada Kontan.co.id Kamis (16/6).

Baca Juga: Vaksin Covid-19 BUMN Akan Digunakan untuk Booster, Kini Sudah Uji Klinik Fase 3

Selain itu, untuk pelaksanaan uji klinis fase tiga juga telah dilakukan koordinasi dengan beberapa rumah sakit. Ia berharap pelaksanaan uji klinis hingga target mendapatkan emergency use authorization (EUA) dapat berjalan sesuai jadwal.

Sudah koordinasi dan kerjasama dengan beberapa rumah sakit dalam pelaksanaan uji klinik insyah Allah dapat diselesaikan sesuai time schedule, ujar Fedik.

Sebelumnya pada 9 Februari 2022 lalu VMP Unair bersama Biotis telah memasuki tahap uji klinis fase 1 dan dilanjutkan dengan fase 2.

Penerbitan PPUK (Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinik, Red) sepenuhnya menjadi kewenangan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan RI, Red) dan Unair menyerahkan sepenuhnya urusan PPUK kepada BPOM. Artinya, UNAIR siap melaksanakan uji klinis fase 3 kapan pun sesuai ijin dari BPOM, jelas Prof Mohammad Nasih, Rektor Unair dalam keterangan tertulis.

Adapun kebutuhan relawan untuk menjadi subyek pada fase 3 nanti sekitar 3.500-4.000 relawan. Maka diharapkan peran masyarakat, terutama yang belum pernah divaksin untuk menjadi bagian dalam pelaksanaan uji klinis fase tiga nanti.

“Unair berharap dapat memenuhi timeline yang dirancang, agar karya anak bangsa ini bermanfaat secara optimal untuk negara, kata Nasih.

Baca Juga: Vaksin BUMN Siap Produksi Masal Jika EUA Rilis Juli 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.




Reporter: Ratih Waseso
Editor: Khomarul Hidayat


https://nasional.kontan.co.id/news/vaksin-merah-putih-unair-akan-masuk-uji-klinis-fase-3

Sumber: https://nasional.kontan.co.id/news/vaksin-merah-putih-unair-akan-masuk-uji-klinis-fase-3
Tokoh



Graph