Kilas Balik Detik-detik Teror Bom di Candi Borobudur

  • 16 Juni 2022 14:03:35
  • Views: 4

TEMPO.CO, JakartaCandi Borobudur dalam sejarahnya pernah mengalami aksi teror bom pada 1985. Pengeboman ini membuat sembilan stupa yang tersusun dari 2.692 blok batu diperkirakan 60-70 persennya runtuh.

Aksi ini sempat ditulis majalah Tempo dengan judul Ledakan Malam di Borobudur yang terbit pada 26 Januari 1985. Ledakan teror bom Candi Borobudur dilaporkan terjadi 10 menit setelah petugas keamanan berpatroli, tepatnya pukul 01.30 Senin 21 Januari 1985.

Satu menit kemudian ledakan kedua terdengar. Kali ini terlihat kepulan putih di sisi timur Candi Borobudur. Secara beruntun, kemudian terdengar beberapa ledakan lagi.

Ledakan terakhir, yang kesembilan, terdengar pada pukul 03.40, sepuluh menit setelah Kepala Kepolisian Resor Magelang, Daerah Istimewa Yogyakarta, tiba di tempat kejadian.

Tatkala para petugas naik ke candi, mereka menemukan pecahan batu berserakan di lantai dan tangga candi. Di sana-sini terlihat potongan tubuh patung Buddha tergeletak dengan kepala patah.

“Ada sembilan dari 72 stupa di Candi Borobudur yang diperkirakan menjadi sasaran ledakan, kata Mayor Jenderal Soegiarto, Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) VII/Diponegoro saat itu.

Tujuh stupa yang rusak terkena ledakan terletak di sisi timur. Tiga stupa di lantai 8, dua stupa di lantai 9, dan empat di lantai 10. Pukul 05.30, tim penjinak bahan peledak dari Batalyon Zeni Tempur Magelang, yang terdiri atas tujuh orang dan dipimpin Kapten Mardjono, tiba di candi.

Satu jam kemudian dua anggota tim Jihandak Kepolisian Daerah Jawa Tengah tiba. Di teras pertama dan kedua, tim penjinak bom menemukan dua bom berupa batangan dinamit yang belum meledak.

Melihat rumitnya pekerjaan, diperkirakan pelakunya tidak sendirian. Mengingat kompleks candi ditutup pukul 18.00, Soegiarto memperkirakan pemasangan bom itu dilakukan pada malam hari. 

NAUFAL RIDHWAN ALY

Baca juga: Sempat Hilang dari Catatan Sejarah, Inilah Awal Mula Penemuan Candi Borobudur

Baca juga:Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini


https://nasional.tempo.co/read/1602538/kilas-balik-detik-detik-teror-bom-di-candi-borobudur

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1602538/kilas-balik-detik-detik-teror-bom-di-candi-borobudur
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
ministries Polisi,
bumns Garuda Indonesia,
fasums Borobudur,
nations Chili, Indonesia,
places DI YOGYAKARTA, DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Magelang, Yogyakarta,
cases teror, Teroris,