7 Anggota Khilafatul Muslimin Ditangkap di Wonogiri, Mereka Kepala Sekolah Hingga Pengasuh Madrasah

  • 16 Juni 2022 13:47:27
  • Views: 13

Suara.com - Sebanyak 7 anggota Khilafatul Muslimin ditangkap di Wonogiri, Jawa Tengah. Mereka berstatus sebagai kepala sekolah hingga pengasuh madrasah.

Ketujuh anggota Khilafatul Muslimin itu ditangkap terkait dengan penyelenggaraan pendidikan madrasah di Desa Wonokerto Kecamatan Wonogiri Kota, Jawa Tengah.

Anggota khilafatul Muslimin yang diamankan tersebut terdiri atas kepala sekolah dan pengasuh madrasah, berinisial YH dan enam pengasuh atau guru yakni SG, IZ, SB, MI, RW, dan AR. Semua merupakan warga pendatang dari luar Wonogiri.

Ketujuh anggota Khilafatul Muslimin tersebut kini sedang menjalani pemeriksaan di Mako Polres Wonogiri, kata Kepala Polres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto, dalam konferensi pers di Mako Polres Wonogiri, Kamis.

Baca Juga: Remaja Perempuan Jadi Korban Kekerasan Seksual di Madrasah, Pelakunya Orang Kepercayaan Ustaz

Penyelenggaraan pendidikan ilegal tersebut ditentang sejumlah elemen masyarakat, karena bahan ajarnya bertentangan dengan ajaran Islam. Pada awalnya kelompok Khilafatul Muslimin itu hanya menggelar pengajian.

Kegiatan Khilafatul Muslimin tersebut berawal saat pelaku inisial S pada 2014 mengadakan pengajian, di Masjid Al Muttaqin Desa Wonokerto.

Pengajian itu awalnya sempat diikuti masyarakat setempat.

Pengajian diadakan atas seizin kepala dusun setempat berinisial PY yang juga selaku pelapor.

Seiring berjalan waktu, kegiatan pengajian S yang diikuti warga, namun ajaran yang dibawa diduga menyimpang dari ajaran Islam, sehingga kemudian ditentang warga sekitar.

Baca Juga: Terpopuler: Kesaksian Anak-anak Panti Asuhan Bikin Merinding, Kiper Nepal Gembira dengan Celoteh Netizen Indonesia

Kelompok Khilafatul Muslimin kemudian muncul lagi pada 2021, dengan caranya mendirikan bangunan dan menggunakan gedung untuk kegiatan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Usman Bin Affan Pondok Pesantren Ukhuwah Islamiah (PPUI) Khilafatul Muslimin.


https://www.suara.com/news/2022/06/16/133929/7-anggota-khilafatul-muslimin-ditangkap-di-wonogiri-mereka-kepala-sekolah-hingga-pengasuh-madrasah

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/16/133929/7-anggota-khilafatul-muslimin-ditangkap-di-wonogiri-mereka-kepala-sekolah-hingga-pengasuh-madrasah
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BIN,
religions Islam,
nations Indonesia, Nepal,
places JAWA BARAT, JAWA TENGAH,
cities Bogor, Wonogiri,
cases kekerasan seksual,