Baru Sehari Dilantik, Mendag Zulkifli Hasan Langsung Blusukan, Shock Harga Bahan Pokok Naik Semua

  • 16 Juni 2022 11:06:27
  • Views: 6

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi langsung melakukan kunjungan kerja ke pasar tradisional, sehari dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai menteri pada Rabu (15/6/2022).

Zulkifli Hasan mengaku terkejut mendapat keluhan dari para pedagang dan pembeli saat melakukan kunjungan kerja ke Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (16/6/2022).

Kami tadi melihat harga-harga, saya terus terang shock juga ya karena tadi tuh pembeli ngeluh, yang dagang juga ngeluh. Terasa sekali memang beban hidup itu meningkat, kata Zulkifli usai meninjau sejumlah lokasi toko bahan pokok.

Baca juga: Soal Zulhas Ditunjuk Mendag oleh Jokowi, YLKI dan BRIN: Menteri Sebelumnya Lebih Baik

Menurutnya, semua harga bahan pokok saat ini hampir semuanya mengalami kenaikkan, kecuali harga beras tetap stabil.

Cabai rawit merah saja naik 30 persen dari Rp 80 ribu naik menjadi Rp 110 ribu, bawang merah naik 20 persen, telur kemarin sempat Rp 26 ribu tapi sekarang Rp 29 ribu per kilo, daging ayam tadi juga Rp 21 ribu sampai Rp 22 ribu tapi sekarang Rp 26 ribu, papar Zulkifli.

Selain itu, kata Zulkifli, harga daging sapi juga juga naik tetapi terjadi penurunan pembelian dari masyarakat karena adanya isu penyakit mulut kaki (PMK).

Baca juga: 2 Menteri yang Dicopot Hasil Reshuffle: Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil dan Mendag Muhammad Lutfi

Lalu, tempe juga mengalami kenaikan karena bahan bakunya dari impor yaitu kedelai, dari sebelumnya harga tempe Rp 7 ribu sampai Rp 8 ribu menjadi Rp 12 ribu.

Keluhan sungguh tidak mudah, kami harus kerja cepat, tentu domainnya Kementerian Perdagangan, bayangin cabai, tentu kami bersama Menko koordinasi dengan Kementerian Pertanian, ujarnya.

Cabai penyakit tiap tahun, padahal kita sepanjang tahun nanam cabai. Ada persoalan jangka pendek, panjang atasi ini, sambung Zulkifli.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/16/baru-sehari-dilantik-mendag-zulkifli-hasan-langsung-blusukan-shock-harga-bahan-pokok-naik-semua

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/16/baru-sehari-dilantik-mendag-zulkifli-hasan-langsung-blusukan-shock-harga-bahan-pokok-naik-semua
Tokoh













Graph

Extracted

persons joko widodo, Muhammad, Muhammad Lutfi, Sofyan, Sofyan Djalil, Zulkifli Hasan,
companies ADA, YouTube,
ministries BRIN, Kemendag, YLKI,
topics Reshuffle Kabinet,
products Beras, daging,
places DKI Jakarta,
cities Cibubur,
animals Ayam, Sapi,
plants Bawang merah, Cabai,