Zulkifli Hasan Jadi Menteri Perdagangan, Anis Matta: Saya Salut Nyalinya, Berani Pegang Bara Api

  • 16 Juni 2022 11:06:35
  • Views: 10

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta menilai, penunjukkan Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan  menggantikan Muhammad Lutfi sebagai anomali besar abad ini.

Anis Matta menilai penunjukan Zulkifli Hasan sebagai menteri perdagangan akan menjadi pertaruhan besar bagi reputasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelang berakhirnya masa jabatannya pada 2024 mendatang. 

Keberhasilan dan kegagalan Jokowi nantinya juga akan ditentukan oleh Zulkifli Hasan.

Anis Matta menyampaikan pendapat tersebut di acara diskusi Gelora Talks bertajuk Kapan dan Bagaimana Akhir Perang Rusia-Ukraina? Apa Dampaknya terhadap Ekonomi Dunia?, Rabu (15/6/2022).

Saya ingin katakan, Pak Zulkifli Hasan berani bener menjadi Menteri Perdagangan. Ini seperti menggenggam bara api, karena bukan masalah sederhana. Tapi saya salut atas nyalinya Pak Zulkfili Hasan berani menggenggam bara api, kata Anis Matta.

Baca juga: Mendag Zulkifli Hasan Syok Banyak Pedagang Keluhkan Naiknya Harga Bahan Pokok

Pergantian Mendag dari Muhammad Lutfi ke Zulkifli Hasan, menurut Anis Matta, merupakan dampak dari perang Rusia-Ukraina yang mulai terjadi sejak 24 Pebruari 2022 lalu.

Menteri
Menteri Perdagangan yang baru, Zulkifli Hasan memberikan keterangan pers usai acara serah terima jabatan dengan Muhammad Lutfi di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022).  Tribunnews/Jeprima (TRIBUNNEWS/JEPRIMA)

Saat ini, Indonesia dinilai mulai merasakan adanya dampak kenaikan harga komoditas energi dunia (minyak dan gas), harga bahan pangan, sehingga menyebabkan tingginya inflasi.

Baca juga: Lima Pekerjaan Rumah yang Harus Diselesaikan Zulkifli Hasan Setelah Jadi Menteri Perdagangan

Mendag (Muhammad Lutfi, red) itu diganti, karena kesalahan dia sendiri dalam menerapkan kebijakan. Bagaimana mungkin kita negara produsen terbesar sawit mengalami kelangkaan minyak goreng, itu sama saja seperti kelangkaan BBM yang terjadi di Arab Saudi, ujarnya.

Menurut Anis Matta, sebagian besar pemimpin di dunia termasuk di Indonesia, mulai kebingungan dan tidak mengerti cara dalam menghadapi krisis yang sangat kompleks saat ini.

Baca juga: Zulkifli Hasan Janji Cepat Tuntaskan Persoalan Minyak Goreng


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/16/zulkifli-hasan-jadi-menteri-perdagangan-anis-matta-saya-salut-nyalinya-berani-pegang-bara-api

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/16/zulkifli-hasan-jadi-menteri-perdagangan-anis-matta-saya-salut-nyalinya-berani-pegang-bara-api
Tokoh











Graph

Extracted

persons joko widodo, Muhammad, Muhammad Anis Matta, Muhammad Lutfi, Zulkifli Hasan,
companies YouTube,
ministries Kemendag,
organizations API,
parties Gelora,
nations Arab Saudi, Indonesia, Rusia, Ukraina,
places DKI Jakarta,