Cerita Pangeran Diponegoro Minum Anggur Putih Saat Pengasingan Menuju Sulawesi

  • 16 Juni 2022 08:08:57
  • Views: 10

Yogyakarta: Selain punya kebiasaan merokok keretek kelobot dan mengunyah sirih, Pangeran Diponegoro juga punya kebiasaan unik lain. Ternyata, dia gemar minum anggur putih layaknya orang-orang Eropa,
 
Meski dikenal sebagai seorang Muslim, Pangeran Diponegoro kabarnya memiliki penafsiran sendiri soal kebiasaan minum anggur ini. Pastinya, bukan untuk memabukkan diri.
 
Kebiasaan minum anggur Pangeran Diponegoro juga pernah diceritakan dalam sebuah jurnal yang ditulis oleh Knoerle, seorang Letnan asal Jerman yang menjadi pendamping dan penerjemah rombongan Diponegoro selama berlayar Ke Manado untuk diasingkan. Ia bercerita tentang Pangeran Diponegoro yang mencicipi anggur Constantia dan anggur Rhine menggunakan sebuah gelas bir.Cerita 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pangeran Diponegoro merupakan Pahlawan Nasional Indonesia yang lahir di Yogyakarta pada 11 November 1785. Dia adalah putra tertua Sultan Hamengkubuwono III.
 
Diponegoro menjadi sosok  legendaris karena mampu memimpin kurang lebih 100 ribu pasukan dalam Perang Jawa yang berkobar pada 1825-1830. Tanpa rasa takut, dia melawan pasukan Belanda yang dipimpin oleh Jenderal Hendrik Merkus de Kock yang memiliki kekuatan 50 ribu pasukan.
 
Baca: 4 Pahlawan Indonesia Ini Pernah Kuliah di Luar Negeri
 
Perang di Tanah Jawa ini berakhir dengan ditangkapnya Diponegoro oleh Letnan Jenderal Hendrik Merkus de Kock pada 28 Maret 1830 atau tepat saat Lebaran. Diponegoro ditangkap dan dipisahkan dari pengikutnya, kemudian diberangkatkan ke Sulawesi untuk menjalani pengasingan pada Mei-Juni tahun itu.
 
Pada zaman dahulu, pelayaran ke Sulawesi mampu menghabiskan waktu sangat lama. Selama 40 hari di laut, Diponegoro sampai jatuh sakit dan bahkan sempat berpikir kalau ajalnya segera tiba. Maklum, tidak hanya mabuk laut, dia juga terkena malaria.
 
Wajahnya pucat pasi. Dia juga demam dan sering muntah. Saat dalam kondisi itulah, Knoerle melihat Diponegoro meminum anggur Constantia.
 
Anggur tersebut kabarnya adalah favorit sang pangeran. Anggur yang diproduksi di Cape Town, Afrika Selatan ini juga digemari oleh tokoh-tokoh dunia pada masa itu seperti Frederick The Great dari Prussia dan Napoleon Bonaparte.
 
Dalam jurnal Knoerle, Diponegoro berkata bahwa dia meminum anggur putih karena merasa badannya semakin lemah dari hari ke hari selama menuju Manado. Dituliskan juga kalau Diponegoro menganggap tindakannya tidak melanggar agama karena dia meminumnya bukan untuk mabuk. 
 

(WHS)


https://www.medcom.id/nasional/daerah/lKYq0xWK-cerita-pangeran-diponegoro-minum-anggur-putih-saat-pengasingan-menuju-sulawesi

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/daerah/lKYq0xWK-cerita-pangeran-diponegoro-minum-anggur-putih-saat-pengasingan-menuju-sulawesi
Tokoh



Graph

Extracted

persons Napoleon Bonaparte,
religions Islam,
nations Afrika Selatan, Belanda, Indonesia, Jerman,
places DI YOGYAKARTA,
cities Manado, Yogyakarta,