BI Catat Utang Luar Negeri Indonesia pada April 2022 Turun

  • 16 Juni 2022 06:01:15
  • Views: 5

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Posisi utang luar negeri (ULN) Indonesia pada April 2022 menurun. Bank Indonesia (BI) mencatat, ULN per April 2022 sebesar US$ 409,5 miliar atau turun US$ 2,6 miliar dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesari US$ 412,1 miliar.

“Perkembangan tersebut terutama disebabkan oleh penurunan posisi ULN sektor publik (Pemerintah dan Bank Sentral), tulis Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangannya, Rabu (15/6).

Erwin kemudian memerinci, ULN pemerintah pada April 2022 tersebut tercatat sebesar US$ 190,5 miliar atau turun dibandingkan dengan posisi ULN pada bulan sebelumnya yang sebesar US$ 196,2 miliar. 

Bila menilik secara tahunan, ULN pemerintah tercatat mengalami kontraksi sebesar 7,3% year on year (yoy). Kontraksi ini lebih dalam dibandingkan dengan kontraksi pada bulan sebelumnya yang sebesar 3,4% yoy. 

Baca Juga: Kurs Rupiah Melemah, Berikut Saham-Saham yang Menarik Dicermati

Penurunan ULN pemerintah terjadi akibat beberapa seri surat berharga negara (SBN) yang jatuh tempo di bulan April 2022 dan adanya pergeseran penempatan dana oleh investor nonresiden sejalan dengan masih tingginya ketidakpastian di pasar keuangan global. 

Sementara itu, ULN Swasta pada April 2022 tercatat US$ 210,2 miliar atau naik tipis 0,03% yoy, setelah mengalami kontraksi 1,6% yoy pada bulan sebelumnya. 

Perkembangan tersebut disebabkan oleh ULN perusahaan bukan lembaga keuangan (nonfinancial corporations) yang tumbuh sebesar 0,5% yoy, meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencatat kontraksi sebesar 0,7% yoy, terutama seiring dengan penerbitan global bond korporasi di sektor pertambangan dan penggalian. 

Selain itu, ULN lembaga keuangan (financial corporations) mengalami kontraksi sebesar 1,9% yoy, lebih rendah dari kontraksi bulan sebelumnya sebesar 5,0% yoy. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.




Reporter: Bidara Pink
Editor: Noverius Laoli


https://nasional.kontan.co.id/news/bi-catat-utang-luar-negeri-indonesia-pada-april-2022-turun

Sumber: https://nasional.kontan.co.id/news/bi-catat-utang-luar-negeri-indonesia-pada-april-2022-turun
Tokoh







Graph

Extracted

persons Erwin Haryono, Haryono, Pink,
companies Dana, Google,
ministries BI,
products SBN,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, rupiah,
musicclubs APRIL,