70 Persen Severodonetsk Dikuasai Rusia, Pasukan Ukraina Kocar-Kacir

  • 15 Juni 2022 22:06:02
  • Views: 6

Indonesiainside.id, Jakarta – Semua jembatan menuju kota Severodonetsk di Ukraina kini telah hancur, kata gubernur setempat.

Dengan terputusnya kota secara efektif, Serhiy Haidai mengatakan pengiriman pasokan bantuan dan evakuasi warga sipil sekarang tidak mungkin.

Pertempuran sengit terjadi di kota timur di mana para pejabat Ukraina mengatakan artileri Rusia telah mengusir pasukannya dari pusat kota itu.

Selama berminggu-minggu merebut Severodonetsk telah menjadi tujuan militer utama bagi Rusia. Karena dengan menguasai Severodonetsk dan kota terdekat Lysychansk akan memberi Moskow kendali atas seluruh wilayah Luhansk, yang sebagian besar sudah dikendalikan oleh separatis yang didukung Rusia.

Ketiga jembatan menuju Severodonetsk hancur, tulis Gubernur Haidai di Telegram. Penduduk yang tersisa di kota itu dipaksa untuk bertahan hidup dalam “kondisi yang sangat sulit, tambahnya.

Dari sisi korban, ada mantan tentara Inggris Jordan Gatley termasuk di antara mereka yang terbunuh saat berjuang untuk mempertahankan kota itu. Hal ini dikonfirmasi keluarganya pada hari Minggu .

Presiden Ukraina Volodomyr Zelensky menggambarkan korban jiwa dalam pertempuran di kota itu sebagai “mengerikan. Pasukan Ukraina, katanya, telah memerangi pasukan Rusia untuk “secara harfiah setiap meter.

Laporan menunjukkan bahwa sekitar 70% kota sekarang berada di bawah kendali Rusia.

Seorang pejabat tinggi Rusia mengatakan tujuan Moskow adalah untuk melindungi republik rakyat Donetsk dan Luhansk yang dideklarasikan sendiri.

“Secara umum, perlindungan republik adalah tujuan utama dari operasi militer khusus, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov seperti dikutip oleh kantor berita RIA Novosti.

Ketika Presiden Vladimir Putin meluncurkan invasi pada 24 Februari, dia mengatakan bahwa tujuan Rusia adalah untuk “demiliterisasi dan de-Nazifikasi Ukraina. Kemudian tujuan lain ditambahkan: memastikan status netral Ukraina.

Juga pada hari Senin, pejabat Ukraina mengatakan senjata yang dipasok oleh Barat tidak tiba secepat yang seharusnya.(Nto)

 


https://indonesiainside.id/headline/2022/06/14/70-persen-severodonetsk-dikuasai-rusia-pasukan-ukraina-kocar-kacir

Sumber: https://indonesiainside.id/headline/2022/06/14/70-persen-severodonetsk-dikuasai-rusia-pasukan-ukraina-kocar-kacir
Tokoh





Graph

Extracted

persons Dmitry Peskov, Vladimir Putin,
companies ADA, Telegram,
nations Inggris, Rusia, Ukraina,
places DKI Jakarta,
cities Moskow,