NATO Akui Turki Blokade Rencana Masuk Swedia dan Finlandia

  • 15 Juni 2022 22:06:11
  • Views: 8

Indonesiainside.id, Jakarta – Sekretaris Jenderal aliansi NATO, Jens Stoltenberg mengatakan keinginan Swedia dan Finlandia bergabung dengan aliansi itu tertahan dengan blokade dari Turki.

“Pada proses sebelumnya, kami tidak punya alasan untuk percaya akan ada masalah, kata Stoltenberg kepada Financial Times pada hari Senin, saat mengunjungi Swedia.

Sebelumnya padaApril, NATO telah berjanji kepada Swedia dan Finlandia bahwa tahap pertama aksesi mereka hanya akan memakan waktu beberapa minggu, karena adanya keberatan Turki yang menuduh kedua negara mendukung terorisme.

“Kekhawatiran Turki bukanlah hal baru, tambah Stoltenberg, dan dia menyebut Turki “sekutu penting, dan ketika sekutu mengangkat masalah keamanan, kita harus mengatasinya.

“Ini adalah kekhawatiran yang sah. Ini tentang terorisme, ini tentang ekspor senjata, kata Stoltenberg pada hari Minggu di Finlandia. “Kita harus mengatasi masalah keamanan semua sekutu, termasuk kekhawatiran Turki tentang kelompok teroris PKK.

“Tujuan saya adalah menjadikan Finlandia dan Swedia sebagai anggota sesegera mungkin. Itu masih bisa cepat dibandingkan dengan proses aksesi lainnya, katanya.

Stoltenberg menambahkan bahwa harapannya adalah bahwa masalah itu akan diselesaikan “dalam waktu yang wajar, tetapi tidak ada tenggat waktu untuk melakukannya, menunjukkan bahwa itu mungkin tidak selesai sebelum KTT NATO pada akhir Juni.

Ankara menuduh Helsinki dan Stockholm menyembunyikan anggota kelompok Kurdi terlarang yang dianggapnya sebagai “teroris dan memblokir ekspor senjata ke Turki. Sebaliknya, Swedia dan Finlandia dilaporkan mengeluh bahwa Turki belum mengajukan tuntutan khusus kepada mereka. Daftar sepuluh poin muncul di media Turki pekan lalu, tetapi masih belum jelas apakah itu mewakili posisi resmi Ankara.

Stoltenberg diperkirakan akan bertemu dengan pejabat Swedia, Finlandia dan Turki di Brussel dalam beberapa minggu mendatang. Bulan lalu, Ankara menjadi tuan rumah pembicaraan dengan delegasi dari Stockholm dan Helsinki, tetapi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kemudian mengeluh bahwa mereka tidak “pada tingkat yang diinginkan. (Nto)


https://indonesiainside.id/headline/2022/06/14/nato-akui-turki-blokade-rencana-masuk-swedia-dan-finlandia

Sumber: https://indonesiainside.id/headline/2022/06/14/nato-akui-turki-blokade-rencana-masuk-swedia-dan-finlandia
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
topics ekspor,
nations Finlandia, Swedia, Turki,
places DKI Jakarta,
cities Ankara, Brussel, Helsinki, Stockholm,
cases Teroris,