Percepat Proses Imigrasi Haji, AP II Siapkan Makkah Road di Soetta

  • 15 Juni 2022 21:07:04
  • Views: 8

IDXChannel - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II membangun fasilitas Makkah Road di Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Fasilitas ini untuk mempercepat proses imigrasi para jamaah haji.

Makkah Road dibuat atas inisiatif dari pemerintah Arab Saudi dan Indonesia untuk mempermudah proses keimigrasian jamaah haji asal Indonesia untuk masuk ke Arah Saudi.

Melalui inisiatif Makkah Road, jamaah haji dapat menjalani proses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi di Bandara Soekarno-Hatta sebelum berangkat dengan pesawat menuju Tanah Suci, kata President Director AP II, Muhammad Awaluddin dalam siaran pers, Rabu (15/6/2022).

Ia melanjutkan, hal ini juga mempermudah jamaah haji saat tiba di bandara Jeddah atau Madinah untuk dapat memasuki wilayah Arab Saudi.

“AP II menyiapkan seluruh fasilitas yang dibutuhkan di Terminal 2 termasuk juga bersama stakeholder menetapkan alur keberangkatan jamaah haji mulai dari asrama haji, lalu menuju area Makkah Road, hingga naik pesawat, ujarnya.

Ia menyampaikan fasilitas yang disiapkan AP II antara lain area Central Corridor Terminal 2 berkapasitas sekitar 900 - 1.000 orang sebagai tempat menunggu (area holding) para jamaah, sebelum menuju ruangan lain yang dilengkapi 15 kounter imigrasi Arab Saudi memproses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi melalui skema Makkah Road. 

Melalui 15 konter imigrasi Arab Saudi tersebut, diperkirakan setiap jamaah melakukan pre-clearance imigrasi dalam waktu 60 detik.

Di sekitar area tempat penerapan skema Makkah Road ini, disiapkan juga berbagai fasilitas umum yang dapat digunakan untuk kebutuhan jamaah haji termasuk 2 musholla sementara, di area holding dan di area boarding lounge.(RRD)


https://www.idxchannel.com/syariah/percepat-proses-imigrasi-haji-ap-ii-siapkan-makkah-road-di-soetta

Sumber: https://www.idxchannel.com/syariah/percepat-proses-imigrasi-haji-ap-ii-siapkan-makkah-road-di-soetta
Tokoh







Graph

Extracted

persons Muhammad, Muhammad Awaluddin, Soekarno,
companies MNC,
bumns PT Angkasa Pura II,
topics haji,
fasums Bandara Soekarno Hatta,
products Syariah,
nations Arab Saudi, Indonesia,
cities Jeddah, Madinah,