Sumbar Punya Lagu Mars Sumatera Barat, Mau Tahu Liriknya?

  • 15 Juni 2022 21:04:53
  • Views: 13

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Barat telah meresmikan Mars Sumatera Barat, bagaimana liriknya? 

Saat ini, Provinsi Sumatera Barat telah memiliki Mars sendiri. Mars Sumatera Barat tersebut ditetapkan dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, di Ruang Sidang Utama Kantor DPRD Sumbar, dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda), pada Senin 13 Juni 2022.

Mengutip dari laman DPRD Provinsi Sumatera Barat, Mars tersebut akan dikumandangkan di setiap acara penting dan resmi daerah untuk memacu semangat dalam meningkatkan etos kerja. 

Selain itu, melansir dari Langgam.id mitra Teras.id, Mars Sumatera Barat akan digunakan untuk acara-acara resmi pemerintahan di Sumbar selain menyanyikan lagu nasional kebanggsaan Indonesia Raya. 

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy mengatakan, teks sudah digagas jauh bahkan pada tahun 1985. Sementara kabupaten kota lain di Sumatera Barat juga telah ada mars masing-masing, seperti Kabupaten Sijunjung. Selain itu, kedepannya pihaknya akan menyosialisasikan Mars tersebut baik di sekolah mau pun di universitas. 

Tugas kedepannya kita menyosialisasikan, pelan-pelan kita sosialisasi Mars Sumatera Barat ini baik di sekolah mau pun universitas. Lewat mars ini diharapkan bisa menumbuhkan semangat dan kecintaan kepada Sumbar, kata dia.

Lirik Mars Sumatera Barat ini menggunakan Bahasa Indonesia yang sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Berikut ini lirik dari Mars Sumatera Barat:

Mars Sumatera Barat

Ciptaan B. Andoeska

Sumatra Barat persada hamba
Ranah pusaka bunda
Tumpah darah para pejuang nan gagah pendiri dan proklamator bangsa

Ranah nan indah ranah nan ramah hamparan zamrut katulistiwa
Gemulai flora gemuruh ombak Samudra menarik menari s’luruh hamba

Hai upik dan buyung pewaris negeri lestarikan budaya jaga pusaka
Teruka jiwanya teruka raganya
Tungku tigo sajarangan genggam amanah

Tuah sakato buhul tali rasa
Tiada gunung tinggi tiada lurah dalam
Ranah pesona satu Nusantara
Bhakti hamba sembahkan

RINDI ARISKA 

Baca: Kisah Legenda Perusahaan Otobus, Ada yang Bernama Naikilah Perusahaan Minang

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.


https://seleb.tempo.co/read/1602251/sumbar-punya-lagu-mars-sumatera-barat-mau-tahu-liriknya

Sumber: https://seleb.tempo.co/read/1602251/sumbar-punya-lagu-mars-sumatera-barat-mau-tahu-liriknya
Tokoh



Graph

Extracted

persons Audy Joinaldy,
companies ADA, Telegram,
ministries DPRD,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, SUMATERA BARAT,
cities Gunung, Sijunjung,