Klaim Tak Ada PHK, Shopee Indonesia Sebut Punya 20 Ribu Karyawan

  • 15 Juni 2022 19:07:40
  • Views: 9

IDXChannel - Shopee Indonesia memastikan tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap bisnisnya di tanah air. Hal ini dilakukan karena performa e-commerce tersebut lebih baik dan terus tumbuh.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handhika Jahja, menyebutkan perusahaannya kini sudah mempekerjakan 20 ribu karyawan di berbagai lini usaha. Mulai dari Shopee sebagai core bisnis utamanya, ShopeePay dan ShopeeFood.

Di Indonesia, Shopee mempekerjakan lebih dari 20.000 karyawan dalam berbagai lini bisnis seperti Shopee, ShopeePay, dan ShopeeFood dan lebih dari 50% bergabung sejak dimulainya pandemi COVID-19, papar Handhika dalam siaran pers yang diterima tim IDXChannel, Rabu (15/6/2022).

Tidak hanya mempekerjakan puluhan ribu orang, Handhika menyatakan perusahaannya juga fokus membantu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk berkembang. Hal ini dilakukan demi mendorong semua pelaku usaha tersentuh dengan ekonomi digital.

Shopee Indonesia juga masih aktif merekrut talenta-talenta digital, melalui program Sea Labs Indonesia yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Maret 2022 lalu yang akan membangun tim yang terdiri dari 1.000 talenta digital Indonesia terutama engineer dan product manager, yang akan siap untuk berkontribusi melalui teknologi.

Dalam 6 bulan terakhir, Shopee mengaku menghadirkan berbagai inisiatif untuk memajukan UMKM di Indonesia, termasuk Kampus UMKM Shopee yang didirikan di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi sekaligus melatih puluhan ribu UMKM lokal untuk menguasai keterampilan bisnis digital.

Selain itu program Java in Paris yang membawa ribuan produk UMKM lokal di Shopee tembus kurasi dan bisa dijual di Paris, tutupnya.

Sebelumnya, Shopee Indonesia membantah akan ikut melakukan kebijakan induk mereka di Singapura untuk melakukan lay off atau pemutusan hubungan kerja (PHK) massal. Apalagi, penyesuaian itu diambil pada segmen dan pasar tertentu.

Langkah penyesuaian yang diambil pada segmen dan pasar tertentu, dipastikan tidak melibatkan Shopee Indonesia, tegas Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handhika Jahja, dalam klarifikasi yang diterima tim IDX Channel, Rabu (15/6/2022).

Handhika menambahkan, Shopee Indonesia masih menunjukkan performa yang baik sehingga menjadikan negara ini sebagai pasar prioritas. Tak hanya itu, perusahaan juga masih mengembangkan bisnis dengan membantu lebih banyak UMKM dan pengguna di Indonesia merasakan manfaat pertumbuhan ekonomi digital.

Di Indonesia, Shopee mempekerjakan lebih dari 20.000 karyawan dalam berbagai lini bisnis seperti Shopee, ShopeePay, dan ShopeeFood dan lebih dari 50% bergabung sejak dimulainya pandemi COVID-19. Kami juga terus merekrut talenta-talenta terbaik untuk mengembangkan tim kami, tambah Handhika.

Sebelumnya, dilansir dari The Straits Times beredar memo yang ditulis oleh CEO Shopee, Chris Feng, mengungkapkan adanya penyesuaian guna mengoptimalkan operasi Shopee di segmen dan pasar tertentu.

“Melihat ketidakpastian ekonomi secara luas, kami percaya bahwa keputusan sulit ini penting dilakukan untuk meningkatkan efisiensi operasional perusahaan dan memfokuskan sumber daya kami, katanya dalam memo tersebut, dikutip dari The Strait Times, Selasa (14/6/2022).

Peristiwa ini terjadi setelah Shopee keluar dari pasar Prancis pada Maret lalu untuk mengakhiri tahap awal uji coba di sana. Selain itu, e-commerce ini juga akan mengakhiri tahap awal uji cobanya di Spanyol.

Namun, memo tersebut tidak merinci negara mana saja di Asia Tenggara yang akan terdampak PHK. (TYO)


https://www.idxchannel.com/economics/klaim-tak-ada-phk-shopee-indonesia-sebut-punya-20-ribu-karyawan

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/klaim-tak-ada-phk-shopee-indonesia-sebut-punya-20-ribu-karyawan
Tokoh





Graph

Extracted

persons Handhika Jahja, joko widodo,
companies ADA, Dana, MNC, Shopee, ShopeePay,
ngos CORE,
topics e-commerce, product manager,
products UMKM,
nations Indonesia, Prancis, Singapura, Spanyol,
cities Paris,
cases covid-19, PHK,