Demo di DPR, 10 Juta Buruh hingga Guru Honorer Ancam Mogok Nasional

  • 15 Juni 2022 19:08:47
  • Views: 9

IDXChannel - Para buruh hari ini menggelar demonstrasi di depan Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, ada 5 tuntutan yang mereka suarakan. Bila tuntutan tidak terpenuhi massa mengancam akan menggelar aksi mogok nasional sebanyak 10 juta buruh hingga guru honorer.

Ada lima tuntutan yang dilakukan partai buruh bersama organisasi serikat buruh dan lainnya, kata Ketua Umum Partai Buruh sekaligus Ketua KSPI Said Iqbal di depan Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Pertama, menolak UU Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (UU P3) yang sudah direvisi dan disahkan DPR dan pemerintah dalam waktu 10 hari saja. Pihaknya menduga revisi ini dipastikan hanya akal-akalan hukum dari DPR dan pemerintah untuk meloloskan UU Omnibus Law Cipta Kerja dengan diam-diam, tidak melibatkan partisipasi publik, semua akademis, dan para stakeholders yang akan terdampak.

Karena itu kami meminta DPR dan pemerintah untuk mencabut UU P3 yang sudah direvisi tersebut. Kembali pada UU yang lama, yang dimaksud bersyarat oleh konstitusi. Dalam mengartikan pembahasan prosedur UU Cipta Kerja melibatkan partisipasi publik. Bukan memaksakan sistem hukum di Indonesia menerima Omnibus Law sebagai sebuah kebutuhan hukum. Tapi berlaku hanya akal-akalan hukum.

Jika UU P3 tidak dicabut, pihaknya mengancam akan melakukan mogok nasional yang dilakukan 5 juta buruh dan juga berbagai elemen lainnya dari serikat petani, guru honorer yang jumlahnya sekitar 10 juta di 34 provinsi.

Bisa dipastikan kami menyerukan mogok nasional, stop produksi. Lima juta butuh akan terlibat di dalam aksi ini di 34 provinsi. Partai Buruh punya 34 provinsi, 480 kabupaten-kota, 4.000 kecamatan, dan anggota kami adalah hampir total hampir semua serikat buruh, serikat petani nasional, forum guru honorer, UPC, PRT, bisa dipastikan 10 juta akan terlibat dalam aksi pemogokan umum mogok nasional  dengan menggunakan aturan UU No. 9 tahun 1998, UU No. 21 tahun 2000 yang dibenarkan untuk melakukan pemogokan, ujarnya.


https://www.idxchannel.com/economics/demo-di-dpr-10-juta-buruh-hingga-guru-honorer-ancam-mogok-nasional

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/demo-di-dpr-10-juta-buruh-hingga-guru-honorer-ancam-mogok-nasional
Tokoh



Graph

Extracted

persons Said Iqbal,
companies ADA, MNC,
ministries DPR RI, MPR RI,
organizations KSPI,
topics Buruh, Cipta Kerja,
fasums Gedung DPR, Kompleks Parlemen Senayan,
products Omnibus Law,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Senayan,