Polda Metro Tangkap WN Nigeria yang Tipu WNI hingga Rp2,4 Miliar

  • 15 Juni 2022 19:45:40
  • Views: 8

INDOZONE.ID - Jajaran Subdit Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menangkap satu WNI dan satu WNA asal Nigeria. Mereka ditangkap karena melakukan tindakan penipuan dengan merugikan korban hingga Rp2,4 miliar.

Kasus terjadi pada 23 Agustus 2021 di Jakarta Utara. Korban berinisial PC. Akibat tindak pidana ini, korban mengalami kerugian Rp2,4 miliar, kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Aksi penipuan ini dilakukan oleh seorang WNA yang saat ini masih diburu oleh polisi. Pelaku menghubungi korban melalui media sosial dan dilanjut melalui chatting WhatsApp.

Pelaku mengaku sebagai tentara Amerika yang ingin keluar dari tentara dan memiliki uang senilai 2 juta dolar. Pelaku kemudian meminjam uang korban dengan dalih untuk digunakan membawa uang pelaku ke Indonesia.

Baca juga: Kembali Meledak! Covid-19 RI Hari Ini Tambah Lebih dari 1.000 Kasus

Terjalin komunikasi di medsos dan pelaku meminta bantuan korban untuk bisa bantu kirim uang. Disepakati beberapa kali kirim dana hingga Rp2,4 miliar, ucap Zulpan.

Korban memberikan uang tersebut karena diiming-imingi akan diberikan uang 30 persen dari 2 juta dollar. Singkat cerita, pelaku berpura-pura jika uang tersebut ditahan oleh Bea Cukai, yang padahal uang itu ditampung oleh kedua tersangka lain berinisial UT yang merupakan WNA Nigeria dan CS.

UT dan CS pun sudah berhasil ditangkap polisi. Sedangkan Polda Metro Jaya masih terus mengembangkan kasus ini.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dikenakan Pasal 28 ayat 1 juncto Pasal 45 ayat 1 UU RI nomor 19 tahun 2016 tentang ITE dengan ancaman pidana paling lama 6 tahun atau denda Rp1 miliar dan atau Pasal 3, 4, 5 UU TPPU nomor 8 tahun 2010 dengan ancaman pidana paling lama 20 tahun dan denda paling banyak Rp10 miliar dan Pasal 378 dengan pidana paling lama 4 tahun penjara.

Artikel Menarik Lainnya:


https://www.indozone.id/news/qEsbj3p/polda-metro-tangkap-wn-nigeria-yang-tipu-wni-hingga-rp2-4-miliar

Sumber: https://www.indozone.id/news/qEsbj3p/polda-metro-tangkap-wn-nigeria-yang-tipu-wni-hingga-rp2-4-miliar
Tokoh

Graph

Extracted

companies Dana, WhatsApp,
ministries Bea Cukai, Polda Metro Jaya, Polisi,
nations Amerika Serikat, Indonesia, Nigeria,
places DKI Jakarta,
cases covid-19,