Wali Murid Keluhkan Dana PIP Dipotong, Kepsek SD di Serang Buka Suara

  • 15 Juni 2022 17:25:16
  • Views: 13

Serang -

Pihak SDN 2, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang, Banten, mengakui ada potongan dana bantuan ke puluhan siswa penerima Program Indonesia Pintar (PIP). Pemotongan dan penahanan rekening PIP diduga oleh kepala sekolah lama dan uang tersebut dititipkan di sekolah.

Kepsek SDN 2 Lebak Suryanta mengatakan kepala sekolah sebelumnya, Jujum, memberikan uang Rp 12,5 juta pada Mei lalu. Uang itu tidak dijelaskan untuk apa dan dia hanya menitipkan ke pihak sekolah.

Beliau menitipkan uang Rp 12,5 juta urusan itu beliau tidak ngasih tahu apa, dia cuma menyampaikan uang dititipkan, apakah uang itu untuk dibagikan atau apa dia nggak menyampaikan, uang disimpan di lemari saya, kata Suryanta kepada wartawan di Serang, Rabu (15/6/2022).

Suryanta menyebut rekening PIP para siswa memang selama ini dipegang oleh kepsek lama tersebut. Ia pernah meminta buku rekening beberapa kali, termasuk mendatangi rumahnya namun tak kunjung diserahkan ke pihak sekolah.

Yang pegang kepala sekolahnya, bahkan lebih sakitnya mau diambil saya tapi nggak dikasih, saya datang langsung ke rumahnya kosong, tambahnya.

Sebelum dia, Suryanta menyebut para guru juga sempat meminta agar buku rekening siswa itu diberikan, tapi gagal. Terakhir, karena ada protes dari para wali murid, akhirnya buku tabungan diserahkan.

Soal uang yang dikembalikan kepsek lama, pihak sekolah sempat menolak. Suryanta mengatakan kepsek lama tidak menjelaskan detail mengenai uang, termasuk apakah hasil pemotongan hak siswa penerima PIP.

Ditanya untuk apa, dia nggak pernah jawab, saya sebelumnya nggak mau nerima uangnya, tambahnya.

Wali murid yang protes pemotongan katanya jumlahnya sampai puluhan orang. Ia sudah melakukan musyawarah dengan pihak wali murid termasuk soal ganti rugi uang.

Baca berita lengkapnya pada halaman berikutnya.


https://news.detik.com/berita/d-6128969/wali-murid-keluhkan-dana-pip-dipotong-kepsek-sd-di-serang-buka-suara

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6128969/wali-murid-keluhkan-dana-pip-dipotong-kepsek-sd-di-serang-buka-suara
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Dana,
products RUU PIP,
nations Indonesia,
places BANTEN,
cities Serang,