Resmi Dilantik Sebagai Mendag RI, Inilah Profil Zulkifli Hasan

  • 15 Juni 2022 17:16:05
  • Views: 14

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan resmi dilantik sebagai Menteri Perdagangan RI (Mendag RI) oleh Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) pada Rabu (15/6/2022).

Mengangkat sebagai menteri negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode 2019-2024 masing-masing satu Zulkufli Hasan sebagai Menteri Perdagangan, ucap Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Zulhas sapaan akrabnya yang pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) ini menjabat sebagai Mendag menggantikan Muhammad Lutfi.

Pria kelahiran 31 Agustus 1962 ini bukanlah pendatang baru dalam hal birokrasi pemerintahan, sejumlah jabatan penting pernah didudukinya seperti Menteri Kehutanan di era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2009-2014.

Selain di lembaga eksekutif, Zulhas juga pernah menjabat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sejak tahun 2004-2009 dan diperiode berikut tidak menjabat sebagai anggota DPR RI karena menjabat sebagai Menteri Kehutanan.

Setelah menjabat sebagai Menteri Kehutanan, Zulhas maju dan terpilih menjadi Anggota DPR RI tahun 2014 hingga saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI.

Selama menjadi Menteri Kehutanan, Zulhas mendapatkan dua gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dari Sejong University Seoul Korea dalam bidang Administrasi Publik dan Universitas Negeri Semarang dalam bidang Manajemen Sumber Daya Manusia.

Zulhas yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) periode 2010-2014 menyelesaikan bangku pendidikannya pascasarjana di Sekolah Tinggi Manajemen PPM, Jakarta dan lulus tahun 2003.

Dalam bisnisnya, Zulkifli Hasan yang juga lulusan SMAN 53 Jakarta tahun 1982, menjabat sebagai Presiden Direktur diberbagai perusahaan seperti di PT Batin Eka Perkasa, Jakarta (1988–2004), Presiden Direktur PT Panamas Mitra Inti Lestari, Jakarta (1997–2004) dan Presiden Direktur PT Sarana Bina Insani. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/414103/resmi-dilantik-sebagai-mendag-ri-inilah-profil-zulkifli-hasan

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/414103/resmi-dilantik-sebagai-mendag-ri-inilah-profil-zulkifli-hasan
Tokoh













Graph