Alasan Mengapa Menggunakan Sandal Jepit Saat Berkendara Motor Dilarang

  • 15 Juni 2022 17:07:12
  • Views: 6

IDXChannel – Tahukah Anda alasan mengapa menggunakan sandal jepit saat berkendara motor dilarang? Hal tersebut tentunya menjadi hal yang menuai pro dan kontra.

Pada hari Senin (13/5/2022), Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi mengimbau bagi para pengendara sepeda motor agar tidak lagi menggunakan sandal jepit saat berkendara. Para pengendara diminta untuk menggunakan sepatu saat melakukan perjalanan dengan sepeda motor, baik jarak dekat maupun jauh.

Alasan Mengapa Menggunakan Sandal Jepit Saat Berkendara Motor Dilarang

width=790

Alasan utama larangan sandal jepit untuk digunakan dalam berkendara sepeda motor bukanlah dari segi penampilan maupun sopan santun. Keselamatan pengendara menjadi alasan kuat hingga imbauan ini dikeluarkan. 

“Ini sudah komitmen kita mengajak masyarakat tentunya harus tertib dari diri kita sendiri dulu. Masyarakat membantu dengan memunculkan kesadaran, mengajarkan hal-hal yang baik untuk anaknya dan yang paling gampang itu (dari) orang terdekat. Jadi jangan kasih contoh dikira anaknya nggak ngerti bapaknya bilang ‘Deket aja Pak di situ, biar nggak pakai helm’, naik motor pakai sandal jepit, ungkap Firman di Polda Metro Jaya, Jakarta, dalam keterangannya pada Senin (13/6/2022).

Menurutnya, sandal jepit tidak memberikan perlindungan yang efektif bagi pengendara sepeda motor ketika terjadi kecelakaan lalu lintas. Beliau juga menyebutkan bahwa sandal jepit tidak bisa melindungi kulit dari aspal, api, dan bensin yang berbahaya ketika terjadi kecelakaan.

Namun, perlu digaris bawahi bahwa tidak ada denda maupun tilang bagi pengendara roda dua yang menggunakan sandal jepit saat berkendara. Namun, petugas akan memberi imbauan kepada para pengendara agar mengenakan perlengkapan berkendara yang lengkap dan memberikan edukasi agar pengendara bisa lebih taat.

Itulah alasan mengapa menggunakan sandal jepit saat berkendara motor dilarang. Walaupun sebenarnya tidak ada larangan, namun Polisi akan memberikan imbauan agar para pengendara bisa lebih memerhatikan kelengkapan berkendara.


https://www.idxchannel.com/milenomic/alasan-mengapa-menggunakan-sandal-jepit-saat-berkendara-motor-dilarang

Sumber: https://www.idxchannel.com/milenomic/alasan-mengapa-menggunakan-sandal-jepit-saat-berkendara-motor-dilarang
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, MNC,
ministries Polda Metro Jaya, Polisi,
organizations API,
places DKI Jakarta,
cases kecelakaan,
transportations sepeda,