Tarif Masuk Candi Borobudur Batal Naik, Kuota hanya 1.200 Pengunjung per Hari

  • 15 Juni 2022 16:08:36
  • Views: 6

IDXChannel - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membatalkan tarif masuk candi Borobudur Rp750.000. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyebut dengan pembatalan tersebut, tarif masuk Candi Borobudur untuk wisatawan lokal dan mancanegara tetap mengacu dengan harga lama.

Soal biaya masuk itu kan Rp 50.000 masih ya, ungkap Luhut saat ditemui wartawan di kantor BPKP, Rabu (15/7/2022). 

Luhut enggan menjelaskan alasan pembatalan tarif masuk candi yang pernah menjadi monumen keagamaan dan merepresentasikan Dinasti Syailendra ini. Menurutnya, pengumuman akan disampaikan nantinya. 

Usai pembatalan itu, pemerintah hanya akan membatasi kuota masuk, yakni 1.200 orang per hari dengan mewajibkan pengunjung untuk mendaftar secara daring (online) terlebih dahulu.

Borobudur itu sudah diputuskan lah nanti diumumkan. Yang jelas kuota 1.200 tuh akan kita pegang, dan 25% pelajar akan kita pegang, ungkapnya. 

Sebelumnya pemerintah berencana menaikan tarif masuk candi menjadi Rp750.000 per orang untuk wisatawan lokal. Sementara turus asing senilai USD100. Tapi, kenaikan harga tiket terpaksa ditunda setelah derasnya kritik dari masyarakat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pemerintah menunda menaikkan harga tiket masuk ke area stupa Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah ini, masih perlu mengkaji ulang dengan melibatkan berbagai pihak.

Menurut Sandiaga, kajian harga tiket Candi Borobudur melibatkan berbagai pihak termasuk dari Taman Wisata dan Balai Konservasi Borobudur. Kajian itu nanti akan menentukan berapa besaran tiket naik ke atas Candi.

Kami akan melibatkan semua pihak. Kenapa? Karena kita ingin keputusan nanti berpihak kepada, pertama konservasi menjaga kelangsungan, dan juga menjaga kelestarian dari Candi Borobudur. Berpihak kepada rakyat khususnya perkonomian yang baru menggeliat di sekitar kawasan Borobudur, tuturnya.

(SAN)


https://www.idxchannel.com/economics/tarif-masuk-candi-borobudur-batal-naik-kuota-hanya-1200-pengunjung-per-hari

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/tarif-masuk-candi-borobudur-batal-naik-kuota-hanya-1200-pengunjung-per-hari
Tokoh









Graph

Extracted

persons joko widodo, Luhut Binsar Panjaitan, Sandiaga Uno, Syailendra,
companies MNC,
ministries BPKP, kemenparekraf,
fasums Borobudur,
places JAWA TENGAH,
cities Magelang,