Intip Beberapa Jenis Inflasi dan Penyebabnya

  • 15 Juni 2022 15:07:36
  • Views: 6

IDXChannel -  Penyebab terjadinya inflasi di suatu negara disebabkan beberapa faktor. Salah satunya utang negara yang menumpuk. 

Sebelum mengenal lebih jauh penyebab inflasi suatu negara. Ada baiknya mengenal lebih jauh jenis jenis Inflasi yang kami rangkum dari berbagai sumber. 

Jenis Inflasi

Inflasi sendiri terbagi dalam empat jenis, yaitu Inflasi ringan adalah jenis inflasi yang terbilang mudah dikendalikan atau ditangani. Inflasi sedang yang umumnya membuat beberapa sektor terganggu. 

Lalu inflasi berat yang mengakibatkan perekonomian di dalam sebuah negara menjadi kacau. Serta Hyperinflation, yang merupakan jenis inflasi yang paling parah hingga menyebabkan suatu negara menjadi sangat kacau. 

Penyebab Inflasi

Dari tiga jenis diatas bisa dipastikan penyebab terjadinya inflasi di suatu negara terbagi menjadi dua, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. 

Lalu apa saja penyebab terjadinya inflasi di suatu negara? Simak penjelasannya :

1. Tingginya permintaan 

Tingginya permintaan terhadap barang atau jasa membuat sebuah barang atau jasa menjadi naik nilainya. Hal itu mengakibatkan penyediaan faktor produksi dan barang menjadi menurun.

Sementara itu, pengganti atau substitusi untuk barang dan jasa tersebut terbatas bahkan tidak ada. Keadaan yang tidak seimbang itulah yang akan menyebabkan harga barang dan jasa menjadi naik. 

2. Meningkatnya biaya produksi 

Penyebab terjadinya inflasi di suatu negara selanjutnya yaitu karena adanya dorongan kenaikan terhadap biaya produksi. Hal itu terjadi dalam jangka waktu tertentu dan secara terus menerus.

Secara umum, penyebab inflasi ini disebabkan kenaikan biaya produksi karena desakan biaya produksi yang semakin naik. Inflasi ini dapat terjadi pada negara yang ekonominya sedang bertumbuh dan berkembang. 


https://www.idxchannel.com/economics/intip-beberapa-jenis-inflasi-dan-penyebabnya

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/intip-beberapa-jenis-inflasi-dan-penyebabnya
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, MNC,