Israel Minta AS Pimpin Sekutu di Arab untuk Lawan Iran

  • 15 Juni 2022 15:04:21
  • Views: 7

TEMPO.CO, Jakarta -Israel dan negara-negara Jazirah Arab yang memiliki kekhawatiran sama atas Iran diharapkan dapat membangun kemampuan militer di bawah perlindungan Amerika Serikat.

Menteri pertahanan Israel mengatakan ini pada Selasa, 14 Juni 2022, menjelang kunjungan Presiden Amerika Serikat Joe Biden ke Timur Tengah bulan depan.

Dalam pidatonya, Menteri Pertahanan Benny Gantz menyinggung hubungan keamanan Israel dengan negara-negara Teluk Arab yang semakin dekat di bawah upaya diplomatik yang disponsori AS pada 2020, termasuk dengan Mesir dan Yordania. Dia mengatakan, penguatan kerja sama semacam itu akan terus diupayakan.

Dalam menghadapi Iran, apa yang dibutuhkan bukan hanya kerja sama, tetapi juga pembangunan kekuatan regional, dengan kepemimpinan Amerika, yang akan memperkuat semua pihak yang terlibat, kata Gantz dalam keterangan resmi seperti dikutip Reuters, Rabu, 15 Juni 2022. 


Seorang pejabat AS mengatakan, kunjungan Biden pada 13 sampai 16 Juli akan mencakup Israel, wilayah Palestina, dan Arab Saudi. Menurut televisi pemerintah Saudi, Biden akan menghadiri pertemuan puncak dengan para pemimpin negara-negara Teluk, Mesir, Yordania dan Irak.

Program nuklir Iran termasuk di antara isu-isu yang mungkin masuk dalam agenda kunjungan Biden. Sejauh ini, negosiasi internasional gagal menghidupkan kembali kesepakatan 2015 yang telah membatasinya.

Arab Saudi mengisyaratkan dukungannya untuk 'Kesepakatan Abraham' berisi kerja sama Uni Emirat Arab dan Bahrain dengan Israel dua tahun lalu. Namun, Riyadh tidak secara resmi mengakui tetangganya, Israel.

Israel telah menyuarakan kesediaan untuk bekerja secara militer dengan mitra-mitra Teluk barunya, yang lebih tertutup secara terbuka tentang prospek semacam itu.

Berbicara di sebuah acara pada Selasa malam, Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengatakan, Israel tidak akan ragu untuk mengaktifkan kekuatannya di seluruh dunia untuk melindungi warganya. Pernyataan dia mengacu pada peringatan perjalanan ke Istanbul yang dipicu ancaman upaya Iran untuk membunuh atau menculik orang Israel yang sedang berlibur.

Baca juga: Israel Perintahkan Warganya Segera Tinggalkan Turki, Takut Diculik Iran

 

SUMBER: REUTERS


https://dunia.tempo.co/read/1602176/israel-minta-as-pimpin-sekutu-di-arab-untuk-lawan-iran

Sumber: https://dunia.tempo.co/read/1602176/israel-minta-as-pimpin-sekutu-di-arab-untuk-lawan-iran
Tokoh



Graph