Deretan Daerah di Indonesia yang Dilanda Banjir Rob

  • 15 Juni 2022 14:48:03
  • Views: 12

Suara.com - Banjir rob adalah banjir pasang surut air laut yang merupakan pola air laut yang dipengaruhi banyak hal seperti gaya tarik menarik benda angkasa seperti bulan dan matahari terhadap massa air laut di bumi. Banjir Rob terjadi karena kenaikan muka air laut karena pasang surut air laut.

Faktor ekternal lainnya yakni dorongan air, angin, atau gelombang air, badai di laut, pencaran es di kutub, dan lain sebagainya. Saat ini, banjir rob melanda beberapa daerah di Indonesia. Berikut ini daftar daerah di Indonesia yang dilanda banjir rob.

1. Kendal

Banjir rob di Kendal terjadi sejak 23 Mei 2022. Banjir tersebut mencapai sekitar 1 meter. Warga pun dievakuasi menggunakan perahu karet.

Baca Juga: Pesisir Selatan Yogyakarta Terancam Banjir Rob 14 hingga 23 Juni 2022, Memicu Abrasi

2. Semarang

Banjir rob di Semarang diperparah dengan jebolnya tanggul yang memiliki tinggi sekitar 20 meter dengan lebar 1,5 meter. Air pun tumpah ke pemukiman dan merendam rumah warga bahkan juga membuat aktivitas di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang terhenti.

3. Demak

Demak juga dilanda banjir rob setinggi 1,5 meter. Banjir ini menyebabkan listrik di pemukiman warga mati. Untuk bertahan hidup, warga pun terpaksa harus mengantre air bersih.

4. Pekalongan

Baca Juga: 5 Kecamatan di Pasuruan Terendam Banjir Rob Akibat Luapan Permukaan Air Laut

Pekalongan juga dilanda banjir rob karena faktor curah hujan yang tinggi. Ada pula gelombang tinggi di Laut Jawa mencapai 1,25 hingga 2,5 meter.

5. Batang

Batang juga menjadi salah satu daerah di Indonesia yang terkena banjir rob. Terdapat 4 daerah yakni Denasri, Karangasem Utara, Kuripan Kecamatan Subah, dan Roban Barat Kecamatan Tulis.

6. Brebes

Brebes menjadi salah satu daerah di Indonesia yang dianda banjir. Banjir tersebut mulai memasuki air rob pada Senin tanggal 23 Mei 2022 . Sekitar 1000 keluarga dan 800 hektare tambak terdampak banjir rob.

7. Pemalang

Pemalang telah mengalami banjir rob yang menenggelamkan delapan desa di Kecamatan Ulujumi, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Air berkisar antara 10 hingga 30 cm.

8. Rembang

Rembang juga termasuk daerah yang mengalami banir rob. BPBD mencatat terdapat 15 rumah yang telah roboh, 113 rumah rusak ringan sedang serta fasilitas umum yang rusak. Berdasarkan data terdapat 128 rumah warga yang rusak akibat terjangan rob.

9. Pati

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pati mencatat ada dua titik yang diterjang banjir rob. Dua kecamatan terdampak tersebut adalah Tayu dan Dukuhseti. Warga pun juga mengalami kerugian harta benda.

Demikian daftar daerah di Indonesia yang terkena banjir rob. Daerah-daerah tersebut merupakan daerah yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa. Daerah tersebut mengalami banjir rob hingga sekitar 1,5 meter.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma


https://www.suara.com/news/2022/06/15/142926/deretan-daerah-di-indonesia-yang-dilanda-banjir-rob

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/15/142926/deretan-daerah-di-indonesia-yang-dilanda-banjir-rob
Tokoh



Graph