Imbas PMK, Produksi Susu Perah di Kabupaten Pasuruan Semakin Anjlok

  • 15 Juni 2022 14:23:55
  • Views: 10

Pasuruan (beritajatim.com) – Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) semakin meresahkan warga Kabupaten Pasuruan. Pasalnya wabah ini berdampak dengan produksi susu sapi.

google.com, pub-9591068673925608, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Produksi sapi perah yang menurun drastis membuat pasokan susu ke sejumlah koperasi ikut anjlok. Manajer Koperasi Susu Kelompok Tani Karya Amanah, Gaung Andaka Ranggi Purbangkara, menjelaskan bahwa pasokan susu sapi dari peternak turun sampai 50 persen.

“Penurunan produksi susu sapi ini mulai terasa semenjak 3 minggu belakangan. Harganya tidak ikut turun, tapi pasokannya biasanya dapat 7000 liter susu per hari, sekarang cuma 3500 liter, ujar Gaung pada Rabu (15/06/2022).

Koperasi Susu Kelompok Tani Karya Amanah sendiri memilik anggota sebanyak 370 peternak. Ratusan peternak ini memelihara sekitar 3000 sapi perah yang tersebar di wilayah Kecamatan Lekok, Grati, dan Nguling.

Gaung mencatat sudah ada sekitar 80 persen sapi perah yang sakit dengan gejala PMK. Mulanya sapi memiliki gejala seperti mulut berlendir dan kuku banyak yang terlepas.

“Ada sekitar 80 persen sapi terkena PMK. Gejalanya mulutnya sakit berlendir seperti sariawan, kukunya kayak keropos terus lama-lama lepas, imbuhnya.

Gaung menambahkan jika tidak hanya produksi susu yang anjlok, tetapi kualitasnya juga ikut menurun. Hal itu disebabkan karena sapi-sapi yang sakit tidak mau makan.

“Kualitas susu itu tergantung makanannya. Kalau makannya sedikit ya otomatis turun. Susunya juga ndak bisa keluar, imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Koperasi Kelompok Tani Karya Amanah, Udik Djanuantoro, berharap agar Pemerintah Kabupaten Pasuruan bisa lebih cepat melakukan penanganan. Dia khawatir jika kondisi PMK tidak segera ditangani maka para peternak bisa kehilangan mata pencahariannya.

“Peternak sapi perah ini setornya harian. Kalau pendapatan hariannya hilang, mereka mau kerja apa. Masa recovery sapi untuk bisa keluar susu lagi juga lama, pungkasnya. [ada/but]


https://beritajatim.com/peristiwa/imbas-pmk-produksi-susu-perah-di-kabupaten-pasuruan-semakin-anjlok/

Sumber: https://beritajatim.com/peristiwa/imbas-pmk-produksi-susu-perah-di-kabupaten-pasuruan-semakin-anjlok/
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Google,
places JAWA TIMUR,
cities Pasuruan,
animals Sapi,