5 Fakta Seputar Kasus Stupa Candi Borobudur yang Diedit Mirip Jokowi, Kini Polisi Usut Pelaku

  • 15 Juni 2022 13:48:05
  • Views: 12

Suara.com - Kasus foto stupa Candi Borobudur yang diedit menyerupai wajah Presiden Joko Widodo atau Jokowi masih ramai diperbincangkan publik. Ini dianggap banyak pihak sebagai sebuah penghinaan.

Pakar telematika, Roy Suryo juga sempat mencuri atensi publik usai dirinya ikut mengunggah foto editan stupa Candi Borobudur dengan wajah Jokowi melalui akun Twitternya.

Namun, kini Roy Suryo sudah menghapus unggahan yang memperlihatkan stupa Borobudur tersebut. Nama Roy Suryo kini ramai diperbincangkan dan menjadi trending topic di Twitter. Berikut fakta seputar kasus stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Jokowi.

1. Pengedit Foto Tengah Diusut

Baca Juga: Buntut Cuitan Stupa Mirip Jokowi, Tagar Tangkap Roy Suryo Trending di Twitter, Publik: Hina Presiden dan Umat Buddha

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) tengah mengusut pembuat foto yang diduga dipakai untuk menyinggung soal naiknya harga masuk ke situs warisan dunia tersebut.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengungkapkan Direktorat Siber Bareskrim Polri telah bergerak mendalami siapa pelaku yang telah membuat foto tersebut.

“Sedang didalami dan profiling oleh Siber, ujar Dedi saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (14/6/2022).

2. Roy Suryo Dianggap Lecehkan Jokowi

Roy Suryo dianggap telah melecehkan Jokowi setelah baru-baru ini mengunggah sejumlah foto stupa Candi Borobudur yang diedit menyerupai wajah sang presiden.

Baca Juga: Sempat Unggah Editan Stupa Candi Borobudur dengan Wajah Jokowi, Netizen Desak Roy Suryo Ditangkap

Mumpung akhir pekan, ringan-ringan saja twit-nya. Sejalan dengan protes rencana kenaikan harga tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50 ribu) ke 750 ribu yang (sudah sewarasnya) DITUNDA itu, banyak kreativitas netizen mengubah salah satu stupa terbuka yang ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x. AMBYAR, tulis Roy Suryo melalui akun Twitternya.


https://www.suara.com/news/2022/06/15/132252/5-fakta-seputar-kasus-stupa-candi-borobudur-yang-diedit-mirip-jokowi-kini-polisi-usut-pelaku

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/15/132252/5-fakta-seputar-kasus-stupa-candi-borobudur-yang-diedit-mirip-jokowi-kini-polisi-usut-pelaku
Tokoh







Graph

Extracted

persons Dedi Prasetyo, joko widodo, Roy Suryo,
companies Twitter,
ministries Bareskrim Polri, Polisi, Siber Bareskrim,
fasums Borobudur,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, KALIMANTAN BARAT,